Santri di Sumenep Sambut Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor

Pawai obor santri LPP Nurul Ulum Sumenep dalam rangka malam Tahun Baru 1442 Hijriah

Sumenep, (Media Madura) – Lembaga Pendidikan Pesantren (LPP) Nurul Ulum, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep punya semangat luar biasa dalam menggelorakan Tahun Baru Islam.

Terbukti, pada 1 Muharram 1442 ini, LPPNU menyemarakkan malam tahun baru Hijriah dengan tiga kegiatan sekaligus. Dimulai dari pawai obor, istighasah hingga nonton bareng (nobar) film bernuansa Islami.

Ketua Pondok Pesantren Nurul Ulum, Nailur Rahman mengatakan, perayaan tahun baru Islam dengan rangkaian kegiatan meriah bagian dari cara menanamkan kecintaan terhadap momen-momen penting dalam Islam.

“Hari besar Islam tidak boleh kalah meriah dari kegiatan lain. Karenanya, selain acara inti istigasah bersama, kita juga gelar pawai obor dan nobar film,” tuturnya di sela-sela acara, Rabu (19/8/2020).

Ra Maman, panggilan karib Nailur Rahman menjelaskan, kegiatan peringatan tahun baru Islam yang melibatkan santri, wali santri serta masyarakat umum itu memang rutin digelar di LPP Nurul Ulum.

“Ini dalam rangka menanamkan rasa cinta kita pada tradisi Islam. Bahwa di awal tahun seyogyanya kita semua memperbanyak do’a dan dzikir. Selain itu, kita juga harus merenungi hidup yang sudah kita jalani,” paparnya.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan tersebut di atas, ia mengajak agar malam tahun baru menjadi momentum merenungi perjalan hidup, serta memikirkan bagaimana di masa-masa yang akan datang.

“Kita memutar beberapa film bernuansa Islam, film Sang Kiai, Cahaya Cinta Pesantren dan Negeri Lima Menara. Tidak sekedar menghibur, Insyallah kita juga bisa mengambil banyak pelajaran dari situ,” ujarnya.

Sementara di sela-sela istighasah, Pengasuh LPP Nurul Ulum, K. Sahawi nampak menyelipkan doa agar ujian pandemi Covid-19 segera berakhir, mengingat virus ini telah banyak menimbulkan kemudaratan.

“Tahun baru hijriah ini kita berharap pandemi virus korona segera selesai. Pada kegiatan ini orang tua santri juga hadir agar bisa saling mengawasi,” ucapnya.

Reporter : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.