24.1 C
Madura
Selasa, Juni 25, 2024

Pemuda Pamekasan Ini Wakili Madura dalam Pelayaran Jalur rempah Bersama KRI Dewaruci

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Zainal Abidin, seorang pemuda asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berhasil mengukir prestasi membanggakan dengan terpilih sebagai Laskar Rempah pada Program Muhibah Jalur Rempah Kemendikbud 2024.

Zainal mengalahkan ratusan pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia dan akan bergabung dalam pelayaran mengarungi lintas samudra menyusuri titik-titik rempah di Nusantara bersama KRI Dewaruci yang tergabung pada Batch 2 dengan rute dari Dumai ke Sabang, lalu ke Malaka dan berakhir di Tanjung Uban.

Zainal, yang juga merupakan relawan dari Komunitas Literasi berbama Compok Literasi, mengaku tak menyangka dirinya terpilih dalam program bergengsi ini. Ia pun membagikan tipsnya agar bisa lolos seleksi, yaitu dengan mencantumkan semua portfolio aktivitas sosial dan prestasi yang pernah diraih dalam CV dan membuat video submit pendaftaran semenarik mungkin.

“Pendaftaran tahun ini cukup mudah, yang penting kita mau mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan bermanfaat yang pernah kita lakukan, dan mencantumkan dalam CV ketika mendaftar“ ujar Zainal dalam sebuah live Instagram bersama Compok Literasi.

Terpilihnya Zainal sebagai Laskar Rempah bukan hanya kebanggaan pribadi, tetapi juga membawa harapan besar bagi pertukaran budaya dan pengetahuan. Program ini diikuti oleh pemuda-pemudi dari berbagai kota di Indonesia, memungkinkan terjadinya interaksi dan kolaborasi yang kaya akan ragam budaya dan pengalaman.

“Saya berharap dapat melakukan pertukaran budaya dan pengetahuan dengan peserta lain. Ini adalah kesempatan langka untuk belajar dan berbagi pengalaman,” kata Zainal. Lebih lanjut, ia juga berencana, setelah selesai melakukan pelayaran. Ia akan melanjutkan minatnya terhadap rempah dengan melakukan riset tentang potensi rempah di Madura. Ia berencana untuk mengarsipkan dan berbagi hasil temuannya.

Arinal H. Ghifari, Penggagas Compok Literasi, mengaku bangga dengan terpilihnya Zainal sebagai Laskar Rempah. Ia mengatakan bahwa Zainal merupakan pemuda yang aktif dan inspiratif.

“Zainal ini pemuda yang aktif di komunitas kami. Dia selalu semangat untuk belajar dan berbagi ilmu dengan orang lain,” ujar Arinal.

Arinal menambahkan bahwa terpilihnya Zainal merupakan sebuah inspirasi untuk pemuda Madura menunjukkan Tajinya. Ia mengatakan bahwa Pemuda Madura harusnya tak hanya dilihat  Jametnya tapi sebenarnya juga banyak pemuda keren dan menginspirasi di pulau garam ini.

“Terpilihnya Zainal ini membuktikan bahwa pemuda Madura mampu bersaing di kancah nasional,” ujar Arinal.

Sebenarnya ini kali kedua pemuda pamekasan terpilih mengikuti kegiatan ini. Pertama kali ada pemuda bernama Fahrus menjadi Laskar Rempah tahun pertama Program Muhibbah Jalur Rempah 2022.

Program Muhibbah Budaya Jalur Rempah adalah sebuah pelayaran yang mengarungi lintas pulau dan menyusuri titik-titik rempah di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan, mengembangkan, dan memanfaatkan warisan budaya Jalur Rempah. Salain itu juga sebagai upaya diplomasi budaya dan menguatkan posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia.(Rls/Ist)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article