Sejumlah narasumber yang diundang dalam Rembuk Migas dan Media di Hotel Kampi Surabaya, Rabu (6/2/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Surabaya, (Media Madura) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur, menggelar kegiatan Rembuk Migas dan Media. Kegiatan tersebut dalam rangka mengisi Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2019.

Acara yang dikemas dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Sektor Hulu Migas Indonesia Prospek Masa Depan Media Massa’ itu dibuka secara resmi oleh Ketua PWI Pusat Atal S. Depari.

Rembuk Migas dan Media ini berlangsung pada Rabu (6/2/2019) mulai pukul 09.00 sampai 16.00 Wib di Hotel Kampi di Jalan Taman Apsari, Surabaya. Kegiatan ini juga memperoleh support dari SKK Migas, Pertamina PHE WMO dan Pertamina EP.

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir dalam sambutannya, mengatakan kegiatan bersamaan untuk memeriahkan HPN yang akan di pusatkan di Jawa Timur tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat dan bisa berjalan dengan lancar.

“Semoga acara ini juga memberikan kelancaran dan hasil yang maksimal kedepan, karena penting sekali sinergi media massa dengan regulator dan operator hulu migas di Indonesia,” singkatnya, Rabu (6/2/2019).

Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, menyampaikan kerjasama ini sangat penting terhadap kontribusi APBN. Peran media ini yaiti untuk rakyat dan migas dibutuhkan untuk rakyat.

“Kalau media harus membangun yang kreatif, maka itu dengan mengucapkan basmalah diskusi ini dimulai,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala SKK Migas Jawa-Bali-Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Mahsyar mengungkapkan koordinasi dan bersinergi antara media dengan migas mudah-mudahan membawa dampak manfaat khususnya Indonesia. Selain menjadi pencerah kepada masyarakat, pembangunan nasional berjalan maksimal.

Mengingat Migas adalah objek vital strategis yang mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan energi nasional.

“Sektor migas ini menjadi penyumbang terbesar dari pendapatan negara selain pajak,” kata Ali.

Acara tersebut dihadiri kalangan pengurus PWI Kabupaten/Kota di Jatim, pimpinan media massa, dan lainnya.

Ada dua sesi kegiatan Rembuk Migas dan Media. Sesi pertama membahas soal migas, mengundang narasumber dari Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, pengamat ekonomi Ir Hadi Prasetyo, Yopie Hidayat (mantan Jubir Wapres Budiono) dan Komisioner Dewan Pers terpilih Agus Sudibyo.

Sedangkan sesi kedua soal media, narasumber yang diundang antara lain, Budiono Darsono (Presiden Komisaris kumparan.com), Imawan Mashuri (mantan Ketua Umum ATVLSI), Abdul Rokhim (Pemimpin Redaksi Jawa Pos) dan Errol Jonathan (CEO Suara Surabaya Media).

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.