Kacong Cebbing Sampang 2014

Sampang, (Media Madura) – Ajang pemilihan duta Kacong Cebbing (Kaceb) di Kabupaten Sampang, Madura, ditiadakan. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) menilai keberadaan Kaceb selama ini kurang maksimal dan dianggap tidak berpengaruh terhadap daya tarik pariwisata.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang Aji Waluyo, mengatakan pemilihan Kaceb dua tahun sekali itu tidak dianggarkan tahun ini. Selain kurang maksimal, Kaceb di Sampang belum mampu mempromosikan potensi daerah terutama di sektor pariwisata yang mampu mendatangkan wisatawan.

“Sengaja tahun ini tidak dianggarkan pemilihan Kacong Cebbing, jadi tidak ada kegiatan pemilihan,” ucap Aji, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, Kacong Cebbing hanya untuk kegiatan seremonial tertentu di Pemkab Sampang, sehingga kontribusi keberadaan muda-mudi tersebut sangat kecil. Hal itu juga dikarenakan banyaknya pihak yang kecewa atas peran Kacong Cebbing yang kurang bermanfaat, sehingga kurang penting dilakukan.

“Banyak yang kecewa, sehingga perlu dicarikan solusi bersama,” tambahnya.

Untuk itu, tahun ini Disporabudpar lebih fokus terhadap program pelatihan Organisasi Kepemudaan (OKP) dan pengembangan sarana dan prasarana (Sarpras) di sejumlah lokasi strategis objek wisata di Kabupaten Sampang.

“Jadi meskipun tidak ada Kacong Cebbing, diberbagai sisi lain dilakukan pemberdayaan, nah ini diharapkan mampu manjadi daya saing nantinya,” tegasnya.

“Soal pemilihan duta wisata, kita bisa lakukan penunjukkan langsung, bisa juga dilakukan secara terbuka dengan menggandeng perguruan tinggi,” imbuhnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.