Ibu kandung yang tega buang buah hatinya sendiri

Sumenep, (Media Madura) – Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur berhasil mengungkap motif pembuangan bayi oleh ibu kandungnya sendiri di Dusun Sombang, Desa Palasa, Kecamatan Talango, Rabu (6/3/2019) kemarin.

Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin melalui Kabag Humas Polres, AKP Moh. Heri mengatakan, bahwa ibu kandungnya nekat membuang bayinya sendiri karena alasan malu. Malu bayinya lahir dengan kondisi cacat. 

“Menurut Kapolsek (Talango), hasil keterangan yang didapat dari ibu bayi,  katanya ibunya malu dan takut hingga membuangnya,” terang Heri, Kamis (7/3/2019).

Kondisi bayi terus mendapat perawatan di Puskesmas Talango

Seperti diberitakan sebelumnya, ibu bayi sekaligus pembuang bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut tak lain adalah ibu kandungnya sendiri, yakni Sufiana (37), warga Dusun Pesisir, Desa Essang, Kecamatan Talango.

Fakta yang didapat kepolisian, bahwa pada hari Selasa (5/3/2019) sekira pukul 11.00 WIB, pelaku datang ke Puskesmas Talango bersama dengan putra ketiganya bernama Moh. Hanif Ardiyansyah L Aziz untuk periksa karena sakit perut dan mengalami pendarahan.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Bidan, ternyata pelaku tengah mengandung yang usianya baru memasuki usia 6 bulan. Pada Pukul 12.00 WiIB, pelaku melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki dalam kondisi cacat. Kaki sebelah kanan bayi buntung.

“Pukul 18.00 WIB, pelaku pulang ke rumahnya bersama putranya dengan mengendarai sepeda motor. Tapi bayi tersebut disembunyikan di rumah kosong yang ada di sebelah rumah pelaku,” ungkap Heri.

Lalu, sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku membawa bayi tersebut sendirian dengan mengendarai sepeda motor untuk ditinggalkan atau dibuang.

Pelaku mengendarai sepeda motor tanpa tujuan dan akhirnya sampai di pemakaman, pelaku meninggalkan bayi tersebut.

“Setelah itu pelaku pulang ke rumahnya. Kemudian bayi tersebut ditemukan warga bernama Rahmi sekitar pukul 07.00 WIB saat pulang dari pasar,” paparnya.

Selanjutnya, kata Heri, sekitar pukul 15.00 WIB bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Talango untuk mendapat perawatan, lantaran kondisinya kurang sehat.

“Hari ini, pelaku atau ibu kandung dari bayi itu berada di Polsek Talango untuk selanjunya diserahkan ke PPA Polres Sumenep untuk dilakukan pemeriksaan,” pungkasnya. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.