Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi melaunching Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III, untuk transportasi antar pulau di Kepulauan Kabupaten Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, peluncuran kapal yang disebut-sebut tahan ombak itu sebagai bukti komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kepulauan.

Pembuatan kapal itu sesuai dengan janji pemerintah daerah yang telah menyediakan dana sebesar Rp 39 miliar melalui APBD Kabupaten Sumenep dalam rangka memenuhi kebutuhan transportasi laut yang nyaman dan aman.

“Selesainya pembuatan kapal KMP DBS III menjadi kado luar biasa bagi masyarakat kepulauan Sumenep setelah bertahun-tahun mendambakan kapal motor penumpang yang representatif,” ujarnya pada Peluncuran KMP DBS III di Kabupaten Bangkalan, Selasa (14/8/2018).

Dia menyatakan, KMP DBS III memiliki banyak kelebihan, di antaranya cukup tahan ombak sehingga kendala transportasi kepulauan saat cuaca buruk bisa teratasi setiap tahun.

Sedangkan kapasitas penumpang mampu menampung minimal 300 orang, mengangkut barang dengan berat mencapai 75 ton dan minimal 10 unit kendaraan roda empat serta kemampuan melaju dengan kecepatan 15-20 knot per jam.

“Tentu saja Kabupaten Sumenep dengan 126 pulau memang keberadaan KMP DBS III belum sepenuhnya menjawab kebutuhan transportasi masyarakat kepulauan. Karena itu, kami tetap membutuhkan dukungan seluruh stakeholder agar pelayanan transportasi ke kepulauan semakin lebih baik,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Suami Nia Kurnia ini juga mengungkapkan, saat ini pihaknya baru memiliki 2 kapal untuk rute antar pulau yaitu KMP Dharma Bahari Sumekar I dan II, namun hanya KM DBS I yang dikelola PT Sumekar Lines yang beroperasi melayani masyarakat dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean dan Sapeken.

“Semoga dengan kapal baru ini, memperlancar transportasi ke kepulauan agar mendukung percepatan pembangunan di daerah kepulauan Sumenep. Yang jelas kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam konteks pelayanan transportasi umum maupun untuk menunjang pengembangan sektor pariwisata kepulauan,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.