Bangkalan, (Media Madura) – Wartatama, satu organisasi jurnalis di Kabupaten Bangkalan, merayakan Hari Pers Nasional ke 73 dengan sederhana. Mereka bagi-bagi stiker di alun-alun kota, bertuliskan “Jangan merusak Pilkada Bangkalan dengan Berita Hoax”.

Kata Doni Heriyanto, tema Pilkada dipilih karena lima bulan lagi Bangkalan akan memilih bupati baru. Biasanya, jelang pilkada berita-berita hoax bermunculan dengan tujuan menjatuhkan popularitas calon tertentu.

Meski hoax terkesan hal yang remeh, tapi dampaknya sangat luar biasa. Bisa menciptakan keresahan dan mengadu domba masyarakat. “Jangan sampai pilkada tidak aman karena berita hoax,” kata Doni, Jumat, 9 Februari 2018.

Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha. Ketua KPU, Fauzan Djakfar dan Ketua Panwaslu, Mustain sangat mengapresiasi perayaan HPN oleh Wartatama ini. Mereka hadir dan ikut membagikan stiker ke pengguna jalan.

“Menciptakan situasi aman itu bukan hanya tugas polisi, masyarakat juga harus berperan aktif, caranya bisa sosialisasi lewat pembagian stiker, jadi ini kegiatan positif harus didukung,” kata Kapolres Anis.

Setelah di alun-alun, pembagian stiker dilanjutkan ke SMA Negeri 2 Bangkalan. sasarannya siswa yang saat pilkada nanti termasuk pemilih pemula. Acara di SMA 2 disiarkan live di akun televisi online Madura TV.

Ketua KPU Fauzan sempat menguji pengetahuan para siswa seputar pelaksanaan pilkada, seperti kapan hari H pemungutan suara hingga apa saja syarat untuk bisa jadi pemilih. Fauzan senang karena banyak siswa yang bisa menjawab.

“khusus di hari pers ini, kalau KPU diminta independen. Saya juga minta pers independen, demi terwujudnya pilkada aman dan lancar,” ucap dia.

Reporter: Mukmin Faisal
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.