Baru Dilantik, Dirut PDAM Sampang Sampaikan Program Kerja 100 Hari ke Legislatif

Dirut PDAM Trunojoyo Sampang Dani Darmawan (batik merah) keluar dari ruang Komisi II DPRD usai memaparkan program 100 hari kerja, Kamis (21/1/2021) pukul 15.30 WIB. (Ryan/MM).
Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Kabupaten Sampang Dani Darmawan memenuhi panggilan rapat koordinasi dengan Komisi II DPRD Sampang, Kamis (21/1/2021) siang.

Dalam pertemuannya Dani Darmawan yang baru saja dilantik sebagai pimpinan BUMD perusahaan air itu memaparkan tujuh program prioritas selama 100 hari kerja.

Program tersebut diantaranya :

1. Pengoperasian Sumber Air di Kampung Rubaruh.

Dani mengatakan, pengoperasian sumber air menjadi prioritas utama. Sebab, sumber mata air di wilayah itu memiliki potensi 30 ribu liter perdetik. Sehingga diyakini akan mampu mencukupi kebutuhan air bersih bagi ratusan pelanggan.

“Upaya tersebut dilakukan untuk menambah dan memperluas saluran jaringan karena semakin bertambah tekanan debit akan lebih banyak lagi yang bisa dilayani mendapat air bersih,” ucap Dani.

Selain itu, beberapa langkah strategis mewujudkan program pengoperasian sumber air tersebut akan membentuk tim internal, mengadakan sosialisasi, dan menggratiskan biaya sambungan untuk warga sekitar sumber air.

2. Operasi Sambungan Ilegal (Opsil).

Dani menyebutkan program kerja ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah tunggakan pelanggan yang tidak membayar dan saluran air tidak aktif. Pelaksanaan Opsil mulai dilakukan pada Februari mendatang.

“Kami nanti membentuk Satgas Biru Putih, langkah lainnya juga memberikan peringatan dan teguran, pemutusan sambungan bagi yang tidak sesuai ketentuan dan memberikan edukasi,” kata Dani.

3. Pengembangan Jaringan Dusun Kesenih dan Dusun Bajik.

4. Peningkatan Kinerja Karyawan dengan Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Menurut Dani, langkah program kerja keempat ini yaitu pengembangan karier karyawan melalui diklat, kajian terhadap rasio karyawan, menambah dua jabatan baru setingkat yaitu manajer SPI, manajer umum dan HRD.

5. Penandatanganan Kerjasama atau MoU dengan Kejaksaan Negeri Sampang.

6. Pengadaan Call Center.

7. Pakta Integritas Bagi Karyawan dan Maklumat Pelayanan.

Kata Dani, mengenai program keenam tersebut menjadi penting untuk lebih memudahkan pelanggan melaporkan segala bentuk aduan. Hal ini sekaligus meningkatkan mutu pelayanan dengan cepat, efisien, dan profesional.

“Selama ini PDAM Sampang belum punya call center hanya ada SMS center,” ungkap Dani.

Anggota Komisi II DPRD Sampang Agus Husnul Yakin menuturkan, ketujuh program kerja Dirut PDAM akan dimintai pertanggungjawaban dan evaluasi pada awal bulan Mei. Namun ada beberapa catatan yang perlu ditekankan mengenai penguatan struktural manajemen.

“Makanya kami tawarkan tadi harus ada perombakan struktural, masukan kami adalah harus ada sekretaris perusahaan karena selama ini belum ada, tujuannya sangat jelas agar alur manajemen berjalan efektif dan efisien,” tuturnya.

Kemudian, pihaknya juga mendorong PDAM bisa menerapkan Dealey Review Meeting (DRM). Sehingga diharapkan petugas operator setiap harinya memberikan laporan kepada supervisor.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.