Saatnya Pemuda Ikut Membangun Desa

Sumenep, (Media Madura) – Keterlibatan pemuda dalam membangun desa menjadi hal yang sangat positif, tidak hanya menjadi kontrol terhadap jalannya pemerintahan desa, tetapi juga menyumbangkan ide kreatif dalam membangun desa.

Keterlibatan pemuda apalagi sarjana khsusunya di organisasi desa, yakni karang taruna menjadi hal yang sangat penting dengan adanya keinginan pemerintah pusat untuk membangun dari desa.

Seperti yang disampaikan Ketua karang taruna Parjhugh Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Mohammad As’adi, menurutnya setelah menimba ilmu di perguruan tinggi, pemuda harus kembali ke desanya dan mengaplikasikan keilmuannya di desa.

“Sudah saatnya kita berbuat untuk desa, mengabdi dan menuangkan ide kreatif agar desa kita, khususnya di Kabuaten Sumenep ini terus maju,” katanya usai pelantikan karang taruna yang digelar di Balai Desa Karduluk. Kamis (09/06/2020) pagi.

Kehadiran anak muda, kata mantan aktivis mahasiswa ini, merupakan suntikan energi bagi desa agar kegiatan desa khususnya dalam bidang kepemudaan terus hidup.

“Kedepan kami akan lebih semangat dalam berkarya untuk memberikan kontribusi yang terbaik demi kemajuan Desa Karduluk, apalagi desa ini memiliki banyak keunggulan yang tak dimiliki desa lain,” terang Adi.

Sementara itu, Kepala Desa Karduluk H.Zainul Ikhsan mengatakan, kehadiran pemuda dalam organisasi desa yang dipimpinnya sangatlah positif.

Apalagi, kata dia, dengan dilantiknya karang taruna maka harapan besar para pemuda banyak terlibat dalam pembangunan di Desa.

“Karang Taruna harus bisa membantu proses pembangunan di Desa, khususnya dibagian pemberdayaan masyarakat serta pemuda maupun pemudi, kemudian program yang dilakukan harus berprinsip pada pengabdian sehingga nantinya dapat bernilai ibadah,” katanya.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.