19.2 C
Madura
Minggu, Juli 21, 2024

Dikunjungi Komisi Informasi Jawa Timur, Kertagena Dajah Lolos Seleksi Nominasi Komisi Informasi Award

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Desa Kertagena Dajah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, lolos seleksi nominasi Komisi Informasi Award (KI Award) Tahun 2023. Hal ini diketahui setelah Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur melakukan visitasi lapangan dan verifikasi faktual dokumen PPID Desa Kertagena Dajah pada Kamis, 26 Oktober 2023.


Dalam kunjungan tersebut, Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur mengapresiasi kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Kertagena Dajah yang dinilai cukup terbuka dan informatif. Hal ini terlihat dari tingkat sengketa informasi yang rendah di desa tersebut.


“Untuk Jawa Timur, biasanya desa-desa di Pamekasan tingkat sengketa informasi cukup tinggi. Tapi Kertagena Dajah ini malah sebaliknya, cukup terbuka dan sangat informatif. Sehingga visitasi ini kami lakukan, dan hasilnya nyaris sempurna,” kata A. Nur Aminuddin Sag, MM, selaku Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.


Namun, Nur Aminuddin juga berpesan agar PPID Desa Kertagena Dajah menyempurnakan beberapa hal, seperti penempatan klasifikasi informasi yang lebih spesifik dan lengkap.


Pada kesempatan yang sama, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pamekasan, Nunung, juga turut memberikan apresiasi atas kinerja PPID Desa Kertagena Dajah.

“Bahkan melihat dokumen SAQ (Self Assessment Questionnaire) yang sudah diisi PPID Desa ini, saya mengatakan nampaknya ini akan menyaingi PPID Kabupaten. Bercanda saya begitu ke ibu Kades. Inysaallah PPID Desa ini akan lolos,” Tegas Nunung.


Kepala Desa Kertagena Dajah, Zainani S.Pd, menyampaikan bahwa dirinya tidak menyangka sekaligus bersyukur desanya terpilih untuk dikunjungi tim visitasi Komisi Informasi. Menurutnya, hal ini merupakan hasil kerja keras dari Tim PPID Desa Kertagena Dajah yang didukung oleh Duta Digital Desa Cerdas.


“Padahal PPID desa ini saya pikir baru seumuran jagung, tapi berkat dukungan Duta Digital Desa Cerdas dan Tim PPID yang berdedikasi dan tak kenal lelah. Maka hari ini menjadi nyata. Semoga hasilnya sesuai yang kita harapkan,” kata Zainani.

Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik untuk Komisi Informasi Awards ini merupakan program tahunan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dalam mengukur tingkat kepatuhan badan publik dalam implementasi keterbukaan informasi publik. Pada tahun 2023, terdapat 6 desa yang lolos dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dan lanjut dalam verifikasi faktual ini, termasuk desa Kertagena Dajah.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article