Puluhan Napi di Sumenep Dipulangkan

BERSYUKUR: Ekpresi bahagia puluhan napi Rutan Klas II B Sumenep usai dibebaskan

Sumenep, (Media Madura) – Sebanyak 26 narapidana (Napi) Rutan Klas IIB Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya bisa menghirup udara bebas usai dipulangkan hari ini, Kamis (2/4/2020).

Mereka bisa bebas lebih cepat setelah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenhumham) memberikan Asimilasi dan Integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Yang bebas adalah napi yang sudah memenuhi syarat asimilasi. Dan, setelah dari sini (Rutan), kami minta kepada mereka untuk langsung pulang ke rumahnya masing-masing,” kata Kepala Rutan Klas IIB Sumenep, Agus Salim.

Sebelum dibebaskan, secara bergantian mereka disemprot dengan cairan disenfektan di dalam bilik yang disediakan pihak Rutan. Hal itu sebagai langkah awal pencegahan penyebaran virus corona. 

“Kami ingatkan mereka, jangan sering keluar rumah jika tidak untuk keperluan yang sangat penting, agar tujuan mencegah Covid-19 ini terwujud,” imbuh Agus Salim.

Dari pantauan mediamadura.com, sebagian napi diantarkan langsung ke rumah masing-masing dengan menggunakan mini bus. Namun sebagian yang lain dijemput menggunakan mobil pribadi.

Sebelum pulang, mereka mengungkapkan kebahagiannya karena bisa bebas lebih cepat dengan cara melakukan doa dan sujud syukur.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.