Pilkades Serentak 2020 di Sumenep Berpotensi Ditunda

Ilustrasi pilkades

Sumenep, (Media Madura) – Dampak meluasnya virus corona atau Covid-19, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun 2020 berpotensi mengalami penundaan.

Hal itu menyusul keluarnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tanggal 24 Maret 2020 Nomor 141/2577/SJ perihal saran penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak dan Pemilihan Kepala Desa antar waktu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa, Supardi mengatakan, terhadap saran penundaan Pilkades itu, pihaknya telah mengirimkan surat tindak lanjut kepada Bupati Sumenep yang nantinya diturunkan kepada Camat.

-Advertisement-

“Apabila enam bulan sebelum bulan November 2020 Covid-19 belum selesai, maka Pilkades akan ditunda, tapi kalau sampai tahapan Pilkades Covid-19 sudah steril maka akan tetap berlanjut,” tutur Supardi.

Kata Supardi, terdapat 86 Desa dari 27 Kecamatan baik di Daratan maupun Kepulauan dirwncanakan melaksanakan Pilkades di bulan November, dan pelantikan akan digelar bulan Desember 2020 mendatang.

“Termasuk ada satu Penggantian Antar Waktu (PAW) di Kecamatan Guluk-Guluk. Tapi ya kita tunggu apakah akan ada oenundaan atau tidak,” pungkasnya. 

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.