Kaldo Kokot khas Sumenep (foto: Rosy/MM)

Sumenep, (Media Madura) – Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengajukan 2 kuliner ke Kementerian Pendidikan dan Budaya (Mendikbud) untuk dipatenkan.

“Tahun 2020 ini, kami mengajukan dua kuliner dan empat kesenian budaya ke Mendikbud untuk dipatenkan menjadi WBTB (Warisan Budaya Tak Benda),” kata Bambang Irianto, Rabu (18/3/2020).

Kata Bambang, untuk kuliner khas Sumenep yang diajukan yakni Kaldu Kokot dan Cake. Sedangkan kesenian dan budaya ialah Topeng Dalang, Sintong, Tari Muang Sangkal dan musik tradisional tong-tong.

“Kaldu Kokot kita sudah tahu semua. Cake itu kuliner khas Sumenep, selain itu Cake hanya ada pada saat ada mantenan,” tandasnya.

Bambang mengatakan, tujuan utama dari pengajuan ini, tidak lain untuk melestarikan seni budaya warisan leluhur dan juga menjaga agar tetap lestari.

Selain itu, juga menghargai para seniman dan pelaku kuliner di Bumi Sumekar yang selama ini terus menjaga dan melestarikan.

“Kita pasti akan tetap menjaga dan melestarikan budaya warisan para leluhur, dan pada tahun 2019 lalu kami juga sudah mengajukan kesenian Saronen,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.