Antisipasi Corona, Sterilisasi Ruangan Bupati hingga Kedatangan Bus Luar Daerah

Penyemprotan cairan desinfektan terhadap kedatangan bus dari luar daerah di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sampang, Rabu (18/3/2020) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Dengan menggunakan pakaian pelindung diri, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Sampang melakukan penyemprotan cairan desinfektan saat kedatangan sebuah bus dari luar daerah. Sterilisasi ini sebagai langkah kewaspadaan terhadap ancaman virus corona.

Penyemprotan ini dilakukan di depan Posko Percepatan Penanganan Covid-19 di Jalan Wijaya Kusuma Kota Sampang, Rabu (18/3/2020) siang.

Pantauan dilokasi, proses pembersihan dengan cara disemprot ke seluruh bagian luar armada bus termasuk kursi penumpang. Petugas juga memeriksa suhu tubuh para penumpangnya.

Dari keterangan Ketua Rombongan Ziarah Walisongo, Habsir mengatakan bahwa sudah selama 8 hari melakukan ziarah ke sembilan titik lokasi antar Pulau Jawa. Yakni, empat titik di Jawa Barat, tiga titik di Jawa Tengah, dan dua titik di Jawa Timur.

“Sekarang ini kita sudah datang, mau balik ke kampung halaman di Kecamatan Omben,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi menyampaikan, penyemprotan cairan desinfektan ini untuk memutus sumber penularan Covid-19.

“Strerilisasi kita lakukan di kawasan tempat umum, pelayanan publik, dan lainnya,” katanya.

Menurut Agus, hasil pemeriksaan suhu tubuh penumpang bus tidak ditemukan tanda-tanda bahaya. Karena suhu tubuh rata-rata normal antara 36°-37° C.

Agus menuturkan, pihaknya akan terus menyemprotkan cairan desinfektan di beberapa titik selama 14 hari kedepan. Dengan harapan agar Sampang aman dari virus asal Wuhan, China itu.

“Masyarakat juga tidak usah panik dan takut secara berlebihan, intinya dari semua yang kita lakukan ini untuk mencegah,” ungkapnya. .

Tak hanya itu, petugas kesehatan juga melakukan strerilisasi di kantor Pemkab Sampang. Seluruh ruangan dilakukan penyemprotan desinfektan mulai dari ruang kerja Bupati Slamet Junaidi, Wakil Bupati Abdullah Hidayat, maupun Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.