Catat, Ini Deretan Gebyar Puncak HKN ke-55 di Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Puncak kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Jawa Timur di Kabupaten Sumenep, Madura akan digelar di destinasi wisata Pantai Lombang, Kamis (28/11/2019).

Ada empat rangkaian kegiatan dalam HKN ke-55 tahun 2019 tersebut. Yang pertama berupa lomba-lomba kreatif dan inovatif di lingkungan puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Sumenep.

“Itu sudah dilaksanakan, tujuan lomba kreatif dan inovatif itu, untuk kemajuan pelayanan kesehatan. Baik Puskesmas maupun rumah sakit swasta dan milik pemerintah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep Agus Mulyono, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan kedua adalah Gerakan Kemasyarakatan (Germas) yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 November kemarin di Taman Bunga atau Taman Adipura Kota Sumenep.

“Dihadiri Pak Wabup, Bu Wabup, Pak Dandim, kemudian Bu Kajari dan sebagainya itu. Kami berinteraksi sambil berlomba yel-yel dan lain-lain. Alhamdulillah meriah sekali,” ungkapnya.

Kemudian, rangkaian ketiga adalah acara ramah-tamah bersama para pejabat kabupaten kota dan provinsi se-Jawa Timur yang akan digelar besok malam di Pendopo Agung Keraton Sumenep. Dilanjutkan dengan berbagai penampilan kesenian khas Sumenep di area Taman Adipura.

Keempat, puncak HKN 2019 ini akan digelar di Pantai Lombang. “Kamis Lusa, mulai jam 05.00 WIB pagi adalah puncak acara HKN yang ke-55 Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Sumenep, dipusatkan di Pantai Lombang,” jelasnya.

Agus menambahkan, bahwa yang akan hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, undangan dari dinas kabupaten kota, provinsi, dan tim-tim dari Gubernur Jawa Timur.

“Bahkan melibatkan seluruh komponen di Kabupaten Sumenep, OPD-OPD, Pak Camat dan sebagainya, termasuk komponen dari masyarakat dan seluruh puskesmas. Bahkan ada BUMD, ada banyak acara bakti sosial, pameran dan sebagainya,” bebernya.

Disampaikan pula, perubahan nama Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau biasa disingkat BLUD juga akan dilaunching besok tanggal 28 November di Pantai Lombang.

“Ada juga acara-acara lain yang bisa langsung disimak lusa pagi,” katanya.

Kegiatan puncak HKN yang akan digelar di Pantai Lombang, diantaranya Jalan Sehat, Parade Egrang, Bersih Pantai, Penghargaan Rekor Leprid, tari dan musik tradisional, penghargaan Asman Toga, Bazaar, Pameran Kesehatan dan sejumlah kegiatan lainnya yang tak kalah meriahnya.

Semua rangkaian dalam momentum HKN ke-55 ini merupakan bentuk realisasi bagaimana pembangunan kesehatan diharapkan dapat mendorong kesadaran serta meningkatkan taraf hidup sehat seluruh penduduk Kabupaten Sumenep.

“Untuk itu, pihaknya berharap, momentum HKN ke 55 ini dapat menarik pelajaran bahwa kesehatan adalah kebutuhan kita bersama,” ujar Agus.

Untuk yang kedua, lanjut dia, kesehatan menurutnya harus dilakukan oleh semua komponen, mulai dari keluarga, pemerintah sampai pada tingkat provinsi dan nasional.

Kemudian yang terakhir, kata Agus, ini adalah evennya kesehatan dan destinasi wisata. “Jadi kita ingin menghadirkan kesehatan di semua destinasi wisata yang ada di masa yang akan datang. Jadi, helth for tourism,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.