Ketua KPU Sumenep, A. Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan kembali menambah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Rencananya, TPS pada Pilkada nanti bertambah 50 TPS atau akan menjadi 2.450 TPS dari sebelumnya 2.400 TPS. Dengan demikian, jumlah petugas yang dibutuhkan juga akan bertambah.

“Otomatis bertambah (pemyelenggara), karena di setiap TPS itu ada 7 KPPS dan 2 orang keamanan dari unsur Linmas, inikan sudah 9 orang. Kalikan saja jumlah TPS tambahan,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Rabu (20/11/2019).

Warits menyebut, penyelenggara Pilkada nanti sedikitnya sekitar 23.845 petugas. Dengan rincian, PPK sebanyak 5 orang (27 Kecamatan), PPS 5 orang (332 Desa/Kelurahan), KPPS 7 orang (2.450 TPS) dan ditambah tim keamanan 2 orang (2.450 TPS).

“Tetapi, kita kan belum pemetaan kebutuhannya. Nanti masih akan dilakukan pemetaann, apakah akan bertambah atau malah berkurang,” terangnya.

Kata Warits, KPU akan memulai rekruitmen penyelenggara Pilkada pada Januari tahun 2020. Dimulai dari tingkat kecamatan.

“Untuk rekrutmen PPK itu InsyaAllah Januari, sebulan setelahnya itu, baru akan dilanjutkan ke PPS dan disusul KPPKS,” tandasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.