Pendistribusian bantuan PPM bagi nelayan asal Kelurahan Banyuanyar Kota Sampang, Kamis (29/8/2019) pukul 09.00 WIB. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang (Media Madura) – Sebanyak 69 nelayan di Kelurahan Banyuanyar, Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, menerima bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Pendistribusian bantuan langsung itu dilakukan di kantor Kelurahan Banyuanyar Jalan Diponegoro, Kamis (29/8/2019) pagi.

Pemberian alat bantu tangkap ikan tersebut diberikan oleh Ophir Indonesia Sampang PTY.LTD, bekerjasama dengan Madura Development Watch (MDW), didukung Pemerintah Kelurahan Banyuanyar.

Ketua MDW Sampang Tamsul sekaligus penanggungjawab program, mengatakan 69 nelayan penerima bantuan meliputi 30 nelayan kapal kecil, dan 39 nelayan kapal besar. Mereka menerima bantuan berupa aki kapal, tali, dan pancing.

“Program donasi ini diberikan kepada daerah-daerah tertentu yang pendistribusian dilakukan tiap tahun secara bertahap,” kata Tamsul usai pendistribusian bantuan.

Menurut Tamsul, pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi masyarakat berkelanjutan. Untuk itu, di tahun 2020 pihaknya ingin bersinergi dengan pemerintah daerah agar ada kesepadanan program yang dikeluarkan Ophir Indonesia bersama MDW.

“Sehingga dana-dana seperti ini bisa bermanfaat secara jangka panjang, terutama dalam hal membangun ekonomi kreatif, artinya kehadiran pemerintah daerah sangat dibutuhkan agar kedepan para nelayan ini tidak hanya mengandalkan hasil jual ikan di pasar, tetapi bagaimana produksi tangkap ikan dikelola untuk mampu bersaing pangsa pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Ophir Indonesia Heddy Bustomi menyampaikan pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk tangungjawab sosial perusahaan dari SKK Migas dan Ophir terhadap masyarakat di Sampang. Ia berterima kasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan eksplorasi Migas.

“Harapan kami agar bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Banyuanyar untuk program berkelanjutan,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.