Peringatan larangan merokok saat berkendara.

Sampang, (Media Madura) – Larangan merokok sambil berkendara masih belum diterapkan di wilayah hukum Polres Sampang, Madura, Jawa Timur.

Informasi dirangkum media madura, di wilayah hukum Polda Metro Jaya, penindakan merokok saat berkendara sudah berjalan. Bahkan aturan itu resmi digulirkan sejak 11 Maret 2019 kemarin.

Merokok sambil berkendara merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilakukan karena dianggap dapat mengganggu konsentrasi pengemudi kendaraan.

Hal itu diatur dalam Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman kurungan tiga bulan atau denda maksimal Rp 750.000.

Larangan ini juga termaktub dalam Pasal 6 Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 12 Tahun 2019. Aturan ini mengenai perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Sampang AKP Achmadi, mengatakan di Sampang belum diterapkan larangan merokok sambil berkendara. Jika mulai diberlakukan, pihaknya akan mensosialisasikan aturan tersebut.

“Belum ada perintah dari Mabes Polri maupun Polda Jatim ke daerah terkait penindakan pengendara motor yang merokok saat berkendara,” ujar Achmadi mewakili Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, Selasa (9/4/2019) pagi.

Menurut Achmadi, secara kepantasan diakuinya merokok sambil berkendara kurang bagus dilakukan karena bisa mengganggu konsentrasi dan berpotensi membahayakan keselamatan.

“Iya kurang pantas memang, apalagi bahaya merokok sambil berkendara,” ungkapnya.

Sebagian masyarakat di Sampang kurang setuju jika aturan tentang larangan merokok sambil berkendara diberlakukan. Sebab, aturan itu justru dinilai menyusahkan pengendara. Terpenting adalah sama-sama menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Merokok ya urusan masing-masing, tidak ada kaitannya membahayakan berlalu lintas, jadi tidak setuju kalau aturan itu bakal diterapkan disini,” ujar Agus (36) warga Kecamatan Torjun.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.