Ketua Panwaslu Pamekasan Abdullah Saidi

Pamekasan, (Media Madura) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berjanji untuk terus memeriksa keberadaan Daftar Pemilih Ganda (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Dikatakan oleh Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi, pihaknya akan terus mencermati DPT dari tingkat kabupaten hingga kecamatan untuk mengantisipasi data ganda. Jika ditemukan data ganda tersebut, maka pihaknya akan mengeluarkan surat rekomendasi kepada KPU.

“Kami akan pelototi soal DPT ganda itu agar bagaimana data ganda itu dihapus, termasuk pula yang sudah mati nanti. Kami masih mengumpulkan data dari tingkat bawah,” katanya, Jumat (18/1/2019).

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh. Hamzah mengungkapkan, DPT untuk Pemilu tahun 2019 masih berpotensi bertambah. Warga yang sebelumnya tidak terdaftar dalam DPT, tetapi pada tanggal 17 April sudah berusia 17 tahun, maka yang bersangkutan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB).

“Setelah pihaknya menetapkan DPT beberapa waktu lalu sampai sekarang belum ditemukan data ganda. Tapi kalau DPTB itu memang sangat potensial sampai nanti tanggal 17 April,” terangnya.

DPT di Kabupaten Pamekasan pada pemilu 2019 sebanyak 706.619 jiwa. Dari jumlah itu sampai sekarang belum ada laporan data ganda, jika ada data ganda harus ada rekomendasi dari Bawaslu untuk perbaikan selanjutnya.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.