Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto menerima penghargaan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Kantor KLHK, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019). (Jonathan for MM).

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, berhasil meraih Sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Kantor KLHK, Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Sertifikat Adipura kategori kota kecil ini diterima Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. Dirinya mengatakan, penghargaan pemerintah pusat tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Sampang atas kerja keras dan usaha dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Peraih penghargaan Adipura dari 9 kabupaten/kota se-Nasional, untuk sertifikat Adipura kategori kota kecil diantaranya Nunukan, Paringin, Muntok, Sampang, Amuntai, Pattallassang dan Tanah Grogot,” ujar Jonathan di balik telepon.

Dia menyampaikan, penghargaan ini hasil prestasinya semua unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi dan tetap bersyukur apapun bentuk penghargaan yang diberikan pusat pada pemerintah daerah,” tutupnya.

Kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura meliputi implementasi Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, upaya dan hasil pemenuhan target nasional pengelolaan sampah dengan guna mengurangi sampah 30 persen dan menangani 70 persen sampah pada 2025 serta upaya yang mendorong pelaksanaan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai hilir di setiap kabupaten dan kota.

Penganugerahan Sertifikat Adipura ini memiliki tiga kategori, yakni Adipura Kencana yang diraih Kota Surabaya. Lalu, Piala Adipura untuk 119 kota/kabupaten dan Sertifikat Adipura yang diserahkan kepada 10 kabupaten/kota.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.