Pesawat Komersil di Bandara Trunojoyo Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Mulai awal tahun 2019 ini, otoritas bandara udara Trunojoyo Kabuapaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengurangi jadwal penerbangan komersil Sumenep-Surabaya dan sebaliknya.

Tahun lalu, pesawat Wings Air sebagai satu-satunya maskapai melayani penrbangan setiap hari. Namun saat ini, pesawat jenis ATR 72 tersebut dijadwalkan terbang hanya 4 kali seminggu.

“Ya, sejak awal Januari 2019 ini, jadwal penerbangan pesawat komersil ada perubahan, yakni dari awalnya tiap hari sekarang hanya hari Senin, Rabu, Jum’at dan Minggu,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (10/1/2019).

Alasan pengurangan jadwal penerbangan oleh maskapai tersebut, menurut Indra, salah satu penyebabnya karena jumlah penumpang, baik dari Sumenep menuju Surabaya maupun sebaliknya yang menurun.

“Hasil koordinasi kami dengan pihak maskapai, pengurangan ini berkaitan dengan jumlah penumpang yang setiap harinya selalu minim,” jelasnya.

Indra mengungkapkan, jumlah penumpang untuk hari Jum’at (11/1/2019) besok, dari Bandara Juanda Surabaya ke Sumenep hanya 16 orang, sedangkan dari Sumenep ke Surabaya hanya 18 orang. Padahal, kapasitas pesawat sebanyak 72 penumpang.

“Memang akhir-akhir ini jumlah penumpang sering tidak penuh. Mungkin itu menjadi evaluasi dari pihak maskapai, sehingga jadwal penerbangan dikurangi,” tandasnya.  

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.