Tersangka menunjukkan bukti foto untuk menipu korban ratusan juta, Kamis (30/8/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resort Sampang, Madura, Jawa Timur, meringkus Saprudin bin Hairul Anwar (22) lantaran melakukan penipuan dengan mengaku sebagai anggota polisi.

Warga Desa Gumulung Lebak, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, ini berhasil menggasak uang sebesar Rp 700 juta milik seorang perempuan yang dikenalnya melalui Facebook.

Korban adalah Rohana Bunarah (43) warga Dusun Bringin Timur, Desa Apaan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang.

“Tersangka ini mengaku sebagai polisi Polda Lampung meminta uang ke korban untuk alasan mutasi ke wilayah Polda Jatim, dia bukan polisi hanya foto berseragam lengkap ini diedit wajahnya agar menyakinkan korban,” terang Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, Kamis (30/8/2018).

Budhi mengatakan, selama ini tersangka dan korban hanya menjalani hubungan asmara melalui dunia maya. Perkenalan keduanya terjadi sejak tahun 2016. Tersangka menggunakan akun Facebook bernama Herindra Bangsa.

Untuk lebih menyakinkan, korban dijanjikan akan dinikahi oleh polisi gadungan yang mengaku berdinas di Polda Lampung tersebut.

“Tapi kenyataannya sampai saat ini pelaku tidak ke Sampang, disitulah korban merasa dibohongi,” tuturnya.

Tak henti disitu, masih ada praktek penipuan yang dilakukan tersangka. Singkat cerita, dalam penangkapan tersangka berawal dari korban yang menghubungi untuk memberitahukan bahwa rumah korban sudah laku sebesar Rp 1,5 milyar.

“Korban akhirnya minta pelaku datang ke rumahnya untuk pindah ke Cirebon, ketika datang ke rumah korban petugas menangkap pelaku,” terangnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP subsider pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.