Tembakau rajangan tengah proses jemur

Sumenep, (Media Madura) – Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid mengatakan, dua pabrikan di Sumenep sudah mulai melakukan pembelian tembakau rajangan.

“Sesuai pemberitahuan ke kami, ada dua gudang yanng sudah mulai melakukan pembelian, yaitu gudang di Guluk-Guluk mulai buka pembelian pada tanggal 13 Agustus 2018, dan gudang di Patean mulai tanggal 15 Agustus 2018,” katanya, Jumat (24/8/2018).

Namun demikian, Hamid tidak menyebut berapa harga yang dipatok dua pabrikan tersebut. Ia juga tidak menjelaskan mengenai target pembelian sampai musim tembakau selesai.

Ia hanya berharap, semua tembakau petani di Sumenep dan Madura umumnya terserap secara maksimal sehingga petani tidak merugi. Apalagi, petani tembakau sudah mengeluarkan modal besar sejak masa tanam hingga panen.

“Kami tetap berkomunikasi dengan pihak pabrikan agar semua tembakau petani bisa terserap dengan maksimal dan harganya tidak terlalu rendah. Mudah-mudahan saja cuaca terus baik,” ucapnya.

Berdasarkan data di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumenep, pada tahun ini, target ploting areal tanam tembakau di Sumenep ini seluas 21.893 hektar. Namun, tidak semua lahan tergarap lantaran banyak petani yang tidak menanam tembakau.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.