Jumat, Mei 20, 2022

KPU Sampang Imbau Warga Tunggu Hasil Resmi Rekapitulasi Kabupaten

Must read

Sampang, (Media Madura) – KPU Sampang, Madura, Jawa timur mengimbau kepada masyarakat untuk menunggu hasil resmi rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten tanggal 4-6 Juli 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Sampang Miftahur Rozaq.

“Saat ini masih rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kecamatan tanggal 28 Juni 4 Juli,” kata Rozaq ditemui di kantor KPU Sampang Jalan Diponegoro, Kamis (28/6/2018).

Dia mengatakan, meski hasil penghitungan suara sementara dapat diketahui dari sejumlah lembaga melalui hitungan cepat atau quick count. Masyarakat diminta bersabar dan menunggu hasil resmi pleno KPU. Hal ini demi menjaga situasi tetap kondusifitas pasca pemungutan suara Pilkada serentak 2018.

Kata Rozaq, KPU akan menetapkan pasangan calon terpilih setelah memperoleh hasil suara terbayak. Aturan itu sesuai Pasal 49 ayat 1 PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Selama rekap tingkat Kabupaten itu nanti akan ketahuan paslon siapa yang memperoleh suara terbanyak dari ketiga paslon Pilbup Sampang, jadi tidak ada istilah beda tipis atau tebal, prinsipnya adalah yang memperoleh suara terbanyak,” jelasnya.

KPU memastikan tidak akan ada perubahan suara atau kecurangan dalam rekapitulasi penghitungan suara. Sebab, semua saksi paslon tingkat TPS telah menerima formulir model C-KWK dan C1-KWK.

“Kalau ditingkat Kabupaten itu berdasarkan formulir model D-KWK dan D1-KWK, sejauh ini pergeseran dokumen ada di kotak suara dengan keadaan tersegel, kita pastikan tidak ada perubahan,” tegasnya.

Pertarungan pemilihan kepala daerah di Sampang diikuti tiga pasangan calon. Nomor urut 1, Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat (Jihad). Pasangan ini diusung Partai NasDem, Golkar, PDI-P, PKS, dan PPP.

Nomor 2, Hermanto Subaidi dan Suparto (Mantap), diusung oleh Partai Gerindra, PKB, serta PBB.

Sedangkan, nomor urut 3, Hisan dan Abdullah Mansyur (Hisbullah), diusung Partai Demokrat dan PAN.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article