Jumpa pers tim pemenangan Berbaur di Hotel Odaita, Pamekasan (27/6) malam.

Pemakasan, (Media Madura) – Tim pemenangan pasangan calon, Baddrut Tamam-Raja’i (Berbaur) mengklaim hanya kalah di tiga kecamatan atas lawannya, Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah) dalam pemilihan bupati-wakil bupati Kabupaten Pamekasan 2018.

“Dari 13 kecamatan itu, kami hanya kalah di 3 kecamatan. Yaitu Kecamatan Palengaan, kalahnya 3679, Kecamatan Waru 3748, Kecamatan Pegantenan 1614, ini adalah versi quick count. Dari total itu semua, jumlah kemenangan kami sebanyak 32159,” kata Ketua Tim Pemenangan Berbaur, K Ali Wafa Subki dalam jumpa pers di Hotel Odaita, Pamekasan, Rabu (27/6) malam.

Pasangan Berbaur memenangkan Pilkada Pamekasan berdasarkan versi hitung cepat atau quick count, Poltrack Institute Indonesia. Berbaur unggul di Kecamatan Pamekasan, Tlanakan, Proppo, Pasean, Batumarmar, Pakong, Kadur, Pademawu, Galis, dan Kecamatan Larangan.

“Sudah menyelesaikan hitungan quick count dan real count untuk Pilbup Kabupaten Pamekasan 2018. Dalam hal ini, Alhamdulillah, pasangan Berbaur menang totalnya 228861, Paslon 2 sebanyak 206633, ini dari total keseluruhan. Jadi, berdasarkan quick count kami menang 41200,” jelasnya.

Ketua Poltrack Institute Indonesia, Agus Budiono mengatakan, dalam hitung cepat yang dilakukan lembaganya menggunakan metode Stratified Random Sampling. Di mana, mengambil sample di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan.

“Sample yang kami ambil adalah 320 TPS yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan. Metode yang kami gunakan dalam penentuan sample ini adalah Stratified Random Sampling dengan margin error pada quick count ini adalah kurang lebih 2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Yang artinya, data yang kami himpun dalam quick count dapat bergeser sebesar 2, baik ke atas maupun ke bawah,” ucapnya.

“Dari data yang kami himpun, hasil akhir dari 100 persen TPS quick count yang kami data, paslon 1 sebanyak 54,8 persen. Sedangkan, paslon 2 sebanyak 45,2 persen. Yang artinya, pasangan calon pada Pilkada Pamekasan yang unggul adalah pasangan calon nomor urut 1, Berbaur,” ungkap Agus.

Namun demikian, menurut Agus, tim pemenangan Berbaur masih menunggu hasil penghitungan yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan.

“Data resmi, nanti kami tunggu dari KPUD Kabupaten Pamekasan dengan real count-nya, yang Insya Allah data yang kami himpun tidak akan meleset jauh dari yang KPUD nanti umumkan,” tutupnya.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.