Ketua KPU Sumenep, A Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kekurangan ribuan surat suara untuk Pilgub Jatim 2018.

Hal itu diketahui saat penyortiran dan pelipatan. KPU Sumenep kekurangan surat suara sekitar 7 ribu lebih dari jumlah pemilih yang telah masuk DPT.

“Ada sekitar 8 ribuan surat suara yang ditemukan rusak, sehingga kami (KPU Sumenep) kekeruangan sekitar 7 ribuan lebih surat suara,” kata Ketua KPU Sumenep, A Warits, Jumat (8/6/2018).

Namun demikian, sambung Warits, hal itu tidak mengganggu tahapan Pilgub yang bakal diselenggarakan 27 Juni mendatang. 

KPU telah menyampaikan ke KPU Provinsi Jawa Timur mengenai kekurangan SS tersebut untuk segera dipenuhi.

“Informasi terkahir kalau bukan besok (Sabtu), ya besok lusa (Minggu) kekeruangan itu akan dipenuhi oleh KPU Provinsi,” ungkapnya.

Menurut Warits, usai pelipatan nantinya SS akan didistribusikan ke tingkat kecamatan. Direncanakan pendistribusian itu akan dilakukan pertengahan bulan Juni.

Sedangkan pendistribusian logistik dari Kecamatan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dilakukan saat hari pencoblosan dilakukan.

“Pendistribusian direncanakan akan dilakukan mulai tanggal 18 Juni mendatang. Pada 17 Juni ini akan melakukan rapat dengan semua PPK khusus membicarakan soal pendistribusian itu,” tegasnya.

Warits juga menuturkan, hingga saat ini KPU Sumenep baru menerima sebanyak dua macam logistik dari KP Provinsi Jawa Timur, yakni berupa surat suara dan tinta, selebihnya seperti sampul, fotrmulir, hologram, segel dan lainnya masih belum diterima.

“Pada Pilgub Jatim ini, jumlah TPS di Sumenep sebanyak 2.400 TPS yang menyebar di 27 Kecamatan baik daratan maupun kepulaun,” tandasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.