Kepala BPKSDM Sumenep, Titik suryati menunjukkan Smard Id Card yang baru diluncurkan

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur secara resmi meluncurkan Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAGA) dan Smart ID Card beberapa hari lalu. 

Penerapan Siaga Online dan Smart Id Card tersebut dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian disampaikan Bupati Sumenep, A Busyro Karim, saat peluncuran SIAGA dan Smart ID card bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, Bima Haria Wibisana di Pendopo Agung Kearaton Sumenep, Jumat (11/5/2018).

Bupati dua periode ini menegaskan, sebelum diluncurkan program SIAGA Online dan Smart ID card, pihaknya telah melakukan uji coba sistem tersebut pada bulan April 2017, dan hasilnya sangat memuaskan.

“Sejak dilakukan uji coba pada bulan April 2017 hingga bulan Desember 2017, ternyata tingkat kedisiplinan ASN cukup signifikan, yakni dari 22,02 persen menjadi 87,82 persen,” ujar Busyro.

Menurut Busyro, kecanggihan Smart ID Card, tidak hanya berfungsi sebagai sebagai tanda pengenal atau profil saja,  melainkan juga sebagai ATM dan E-money, serta pencairan tunjangan kinerja.

Selain itu, pada barcode Smart Id Card milik masing-masing ASS tersimpan data-data penting yang terus update, seperti rekap absensi dan jam kehadiran.

“Dibarcode kartu sudah lengkap, ASN hadir jam berapa, terlambat berapa jam dan lan sebagainya. Pokonya disitu komplit dan benar-benar smart,” ungkapnya. 

Saat ini, Pemerintah Daerah telah memasang mesin absensi di 49 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sedangkan di Kepulauan ada 7 wilayah. 

Namun untuk Smart ID Card Pemerintah masih bekerjasama dengan Bank Jatim untuk wilayah daratan dan Bank BRI untuk wilayah Kepulauan.

Ada 7.777 Smart ID Card yang telah dicetak Bank Jatim, dengan fasilitas pencairan dana di 5 kantor kas, dan 10 unit mesim ATM. 

Sedangkan Bank BRI telah mencetak 1.932 Smart ID Card dengan fasilitas pencairan dana di 13 Kantor Kas, 7 Teras BRI, 2 mobil keliling, 40 unit mesin ATM, dan 424 Agen Brilink.

Sekedar diketahui, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sumenep, sejak April 2018 mencapai 9.423 orang, sedangkan yang bertugas di Kepulauan sebanyak 1.840 orang.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.