Ilustrasi

Sumenep, (Media Madura) – Untuk menghormati bulan suci Ramahan dan umat Islam yang tengah berpuasa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep akan melakukan razia. 

Razia akan dilakukan berbagai titik mulai dari tempat hiburan malam sampai dengan warung yang biasa buka siang hari. Selain itu, razia juga akan menyasar rumah kos dan juga hotel-hotel yang kemunkinan sering dijadikan tempat yang melanggar norma.

“Insyaallah kita akan bertindak sesuai denga perundangan yang berlaku, bahwa semua masyarakat harus menghormati umat Islam yang tengah berpuasa,” kata Ketua MUI Sumenep, KH. Syafraji.

Namun sebelum pihaknya bertindak, pihaknya menyarankan terhadap pemerintah agar melakukan penutupan terhadap warung yang buka siang hari dan tempat-tempat hiburan malam, hal itu bertujuan untuk menghormati bulan suci ramadhan.

“Kami meminta kepada pemerintah agar warung yang buka di siang hari lebih baik ditutup saja,” ungkapnya.

Syafraji mengungkapkan, dalam melakukan razia, pihaknya nanti akan menggandeng Satpol PP dalam pegelaran razia dibeberapa titik yang rantan pelanggaran.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, nanti kami akan mengajak Satpol PP untuk melakukan razia agar tidak ada perbuatan melanggar agama terjadi selama ramadan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Sumenep, Fajar Rahman juga menyatakan siap untuk menjaga ketertiban dan kerukunan umat beragama, juga pihaknya siap melakukan razia di tempat-tempat hiburan serta warung yang buka siang hari.

Hal itu juga akan didukung dengan adanya surat edaran Bupati Sumenep, dimana didalamnya berisi poin-poin penting yakni, meminta agar rumah makan tidak buka di siang hari, dan tempat hiburan malam agar selama ramadan ditutup supaya tidak mengganggu aktifitas warga yang sedang beribadah.

“Jadi kalau sudah ada surat dari Bapak Bupati, mau tidak mau Satpol PP harus melaksanakannya. Ini bertujuan untuk menjaga umat beragama,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.