Pamekasan, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Mdura Jawa Timur menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Upacara di Laksanakan di Lapangan Ronggosukowati. Rabu (2/5/2018) pagi.

Dalan kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas Harian Bupati (PLH) Pamekasan Mohammad Alwi sebagai Inspektur upacara dan membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan tema Hardiknas kali ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Pamekasan sebagai satu kesatuan etnik madura memiliki kebudayaan yang amat banyak, beragam dan amat ternilai. Sebagai generasi muda saya mengajak seluruh siswa siswi mengenal dan memahami budaya – budaya yang masih hidup bahkan yang hampir punah sekalipun,” sambut PLH Bupati Pamekasan Mohammad Alwi.

Menurtnya pengenalan berbagai macam kebudyaan tersebut bertujuan agar para generasi bangsa mampu menggugah kebanggaan dan rasa kebangsaan.

“Seperti budaya tradisional misalnya, ini adalah aset kekayaan budaya bangsa yang mampu melindungi generasi muda dari pengaruh negatif di era globalisasi ini,” imbuhnya. “Makanya saya berharap generasi muda mampu menggali potensi kekayaan tradisonal serta berbagai ke arifan lokal sekaligus melestarikannya,” sambungnya.

Nilai – nilai luhur yang berlandaskan dengan ke agamaan seharusnya diperkenalkan kembali kepada generasi muda sebagai pemilik sah ataupun pewaris kebudayaan.

“Generasi serta pelestari budaya harus dikemas dalam bentuk bagus dan fleksibel sesuai dengan perkembangan yang ada tampa menghilangkan nilai – nilai filosofi serta jatindirinya,” ungkapnya.

“Oleh karena itu saya ingin menegaskan kembali bahwa, kunci keberhasilan kita dalam mengawal proses pembangunan di bidang budaya di bumi Gerbang Salam tergangtung dari kemauan dan kemampuan kita untuk saling bersinergi dalam melestarikan nilai – nilai budaya yang kita miliki saat ini,” pungkasnya.

Reporter : Zubaidi
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.