Bangkalan, (Media Madura) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer hari pertama tingkat SMP di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur molor hingga satu jam karena gangguan server.

Materi ujian Bahasa Indonesia yang mestinya dimulai pukul 07.30 baru dimulai 08.30 WIB Senin, 23 April 2018. Seperti dialami siswa di SMP Nahdlatul Ulama, Desa Morkoneng, Kecamatan Kwanyar.

“Servernya tiba-tiba offline, tak bisa diakses, baru normal sekitar jam sembilan,” kata Kepala SMP NU Kwanyar, Achmad Makruf.

Meski ada gangguan, Makruf mengklai tidak mengganggu konsentrasi siswa. Selama server ngadat, siswa tetap berada dalam kelas menunggu server normal.

Muhammad Muin, Proktor atau petugas penanggung jawab pengendali server SMP NU Kwanyar mengatakan gangguan server terjadi di pusat bukan di daerah. Penyebab gangguan karena server tengah direfresh.

“Gangguan tidak hanya di Kwanyar, tapi dialami semua sekolah di Bangkalan,” kata dia.

UNBK di SMP NU Kwanyar diikuti 98 siswa. Mereka gabungan dari sejumlah sekolah. Dari SMP Al-Gazali, Kecamatan Tragah. SMP Bani Muqiman, Pakong, Kecamatan Modung dan SMP MU – 09, Desa Alaskokon, juga Kecamatan Modung.

Karena jumlah komputer terbatas hanya 32 unit. Ujian dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama jam 7:30 – 8:30 WIB. Sesi kedua 10:30 – 12: 30 WIB dan
Sesi ketiga 14:00-16:00 WIB.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.