Pamekasan, (Media Madura) – Pemerintah kabupaten (Pemkab), Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan memecat petugas verifikator bantuan sosial (Bansos) yang menjadi tim sukses (Timses) pasangan calon (Paslon) Pilkada.

Dikatakan oleh staf Kesra Pemkab Pamekasan, Ridawati, petugas verifikasi yang menyalahgunakan wewenangnya akan dievaluasi bahkan akan diberi sanksi pemecatan.

Ridawati mengakui, petugas verifikasi memang terdiri dari berbagai unsur badan atau lembaga. Verifikasi itu dilakukan untuk bantuan tempat ibadah seperti masjid dan mushollla.

“Petugas itu tidak boleh condong pada salah satu calon,” katanya. Senin (23/04/2018) pagi.

Di daerah pantura, masyarakat mencium adanya penyalahgunaan jabatan verifikatot program dana hibah untuk masjid dan musholla dari Bagian kesra Pemkab Pamekasan.

Tokoh masyarakat Desa Sotabar, Kecamatan Pasean M Asy’ari Romli,
mengatakan, bantuan itu ternyata di bawah banyak dijadikan sebagai alat politik. Hal ini berdasarkan temuannya saat melakukan verifikasi ke sejumlah tokoh masyarakat yang dijanjikan hibah oleh petugas verifikasi.

“Kemarin waktu saya cross check ke bawah, ada tiga tokoh masyarakat yang dijanjikan hibah oleh petugas verifikasi, tetapi di belakangnya ada kampanye politik,” ungkap pria yang akrab disapa Ari ini.

Oleh sebab itu, dirinya langsung mendatangi Bagian Kesra untuk melakukan verifikasi terkait dengan peristiwa tersebut. Tujuan kedatangannya ke Kesra, ingin menanyakan apakah petugas verifikasi diperbolehkan menjanjikan hibah sekaligus berkampanye politik.

“Pihak Kesra menegaskan bahwa petugas verifikasi tidak boleh berkampanye politik atau mendukung Paslon dalam Pilkada,” imbuh Ari.

Oleh sebab itu, Ari meminta kepada Kesra agar petugas verifikasi di lapangan yang terbukti menyalahgunakan tugasnya agar dipecat. Sebab yang bersangkutan sudah tidak becus menangani program pemerintah.

“Sudah saya sampaikan siapa saja petugas verifikasi yang menyalahgunakan wewenangnya. Bahkan lengkap dengan foto-foto dan rekamannya,” tandasnya.

Reporter: Rifqi
Editor : Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.