Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Sebanyak 101 organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timu bodong, karena tidak mengantongi Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Antar Lembaga Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan, Abdul Mu’in mengatakan berdasarkan data yang ia pegang, LSM dan Ormas tercatat sebanyak 101 lembaga.

“Tapi, secara keseluruhan Ormas atau LSM belum mengantongi SKT,” katanya, Jumat (23/3/2018).

Mu’in menjelaskan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, apalagi sampai mengambil sikap tegas untuk menertibkan lembaga-lembaga yang berdiri ilegal. Sebab, menurutnya, belum ada regulasi yang mengatur ormas atau LSM tidak berbadan hukum dan tidak mengantongi SKT dilarang melakukan aktivitas.

“Kami nunggu regulasi soal itu,” tambahnya.

Sampai saat ini, meski telah diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 tahun 2017 tentang pendaftaran Ormas dan LSM belum ada yang mengusulkan untuk mendapatkan SKT.

“Berlakunya Permendagri No 57 tahun 2017 belum ada LSM atau Ormas yang mengusulkan untuk mendapatkan SKT Kemendagri,” tutur Mu’in.

Ia berharap semua Ormas dan LSM yang ada di kabupaten berslogan Gerbang Salam itu, segera mengajukan permohonan untuk mendapatkan SKT.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.