Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah

Pamekasan, (Media Madura) – Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur periode 2019-2023 menjalani tes psikologi usai mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAl) Dr. Ramelan Surabaya.

Tes itu berjalan sesuai jadwal mulai dari hari Jumat (12/1/2018) kemarin
Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan yakni Baddrut Tamam-Raja’e dan KH Kholilurrahman-Fathorraham saat ini menjalani tes psikologi.

“Tes kesehatan dan bebas narkoba pada dua kandidat sudah dijalani kemarin, sekarang tes psikologi,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh Hamzah, Sabtu (13/1/2018).

Tes psikologi, tambah Hamzah, merupakan katagori tes ketiga setelah sebelumnya kedua paslon juga sudah menjalani tes kesehatan dan tes bebas narkoba yang dilakukan oleh tim Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Insya Allah nanti sore selesai. Sebab kemarin para paslon sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes penyalahgunaan narkoba,” tambahnya.

Jadwal se Jawa Timur, yang ikut tes bagi daerah yang melaksanakan pilkada, tercatat enam daerah masing-masing tiga dari Madura dan tiga lainnya dari Jombang, Nganjuk dan Tulungagung.

Pemeriksaan tersebut merupakan tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2018 yang digagas oleh KPU Pamekasan, nantinya proses pemeriksaan terhadap pasangan calon (paslon) akan berlanjut hingga Minggu (14/1/2018) besok.

Disinggung soal rangkaian proses pemeriksaan tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa masing-masing paslon harus melalui tahapan pemeriksaan yang sudah ditetapkan.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh spesialis berdasar rekomendasi dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia),” jelas Hamzah.

“Proses pemeriksaan teradap paslon meliputi USG, pengambilan darah dan lainnya. Termasuk juga tes psikologi meliputi wawancara psikiatri hingga tes tulis MMPI,” sambung pria yang akrab disapa Hamzah.

Paslon yang telah resmi mendaftar ke KPU adalah KH. Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah) yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Sementara Baddrut Tamam-Raja’e (Berbaur) diusung gabungan Partai Politik (Parpol), yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.