157 Ribu Data Ganda Ditemukan dalam Perekaman e-KTP di Sampang

Foto google : proses perekaman data e-KTP

Sampang, (Media Madura) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, telah merekam data warga yang memiliki e-KTP sebanyak 844.872 jiwa. Dalam perekaman selama tahun 2017 ini, ditemukan ada 157.137 jiwa data kependudukan ganda.

Kepala Dispendukcapil Sampang Ali Wafa, mengungkapkan ratusan ribu jiwa data ganda itu ditemukan dalam perekaman e KTP hasil akhir per Juni 2017. Data ganda yang ditemukan tersebut seperti ketidaksamaan antara nama, foto pemilik e-KTP, dengan alamat berbeda.

“Ya ada 157.137 jiwa data ganda yang kami temukan dalam perekaman e-KTP di Sampang,” ungkap Ali Wafa, Minggu (19/11/2017).

Dirinya menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi keseluruhan untuk data kependudukan ganda. Selain itu, pihaknya minta warga yang memiliki data ganda untuk segera datang ke Dispendukcapil untuk menghapus data sekaligus perekaman ulang.

“Karena kalah tidak begitu KTP elektroniknya tidak akan jadi sampai kapan pun sebelum yang bersangkutan melapor ke Dispendukcapil, nanti yang bersangkutan memilih tinggal di alamat mana dan menjadi data tunggal,” ujarnya.

Ali menambahkan, selain teknis perekaman yang lebih dari sekali, penyebab lainnya karena perpindahan warga tanpa prosedur yang benar. Selain itu ada faktor non-teknis.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.