Bangkalan, (Media Madura) Namanya kandang kopi, satu cafe yang sedang hits di Kabupaten Bangkalan. Syaini Sukijan, pemilik cafe, bilang dinamai kandang karena bangunan cafe mirip kandang sapi khas Madura.

Tak hanya bentuk, bahan bangunan yang dipakai pun sama yaitu 90 persen bambu, dinding anyaman bambu dan beratap janur. Bahkan kursi dan meja pun dari bambu. Selain kursi, ada juga tempat untuk lesehan.

Kandang kopi terkenal sebagai tempatnya kopi giras. Kopinl giras asli Surabaya namun penjualnya kebanyak warga Gresik. Kandang ini nyaris tak pernah sepi. Pelanggannya pun lintas kalangan, mulai dari anggota dewan, pengurus partai politik, polisi, wartawan hingga aktivis mahasiswa.

Kandang kopi dibangun pada 2015, sempat vakum setahun karena sepi dan awal 2016 dibuka lagi. Menurut Syaini, jika saat ini kandang ramai, tak lepas dari branding gratis yang dilakukan para pelanggan. “Mereka selfi disini, lalu diupload ke media sosial, terima kasih,” kata alumnus Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep.

Kandang kopi terletak di jalan RE Martadinata, Kelurahan Mlajah. Jalur ini merupakan jalur utama menuju Pasarean Syaikhona Cholil di Desa Martajesah. Letaknya persis seberang jalan kantor Dinas Perhubungan, sebelum kampus kebidanan Ngudia Husada.

Kalau dari Bangkalan Plaza, terus ke arah Polres. Lampu merah belok kanan. Depan terminal putar balik dan setelah Bank BNI belok kiri. Kandang terletak 500 meter dari tikungan. Ada plang kecil di sebelah kanan jalan.

Letak kandang memang strategis, tapi saya kira harga kopi yang murah, kisaran 4 hingga 5 ribu pergelas, cukup terjangkau bagi kantong mahasiswa. Sehingga bisa tetap eksis di dunia tongkrongan.

Selain kopi giras, ada juga kopi nusantara. Seperti kopi aceh, bondowoso hingga kopk flores. Ada minuman dingin cappuccino dan mochacino.

Kalau anda sedang ke Bangkalan, kopi giras kandang kopi layak anda coba. Kandang mulai buka jam tiga sore hingga jam dua malam.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.