Pulau Oksigen di Sumenep Bakal Steril dari Kendaraan Bermotor

Sumenep, (Media Madura) – Dalam beberapa tahun depan, salah satu Pulau di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yaitu Pulau Giliyang bakal menerapkan larangan kendaraan bermotor, baik bagi warga setempat maupun tamu yang datang. 

Pada tahun 2020 nanti kendaraan bermotor akan dilarang beroperasi di pulau yang memiliki kadar oksigen terbaik di dunia.

“Jadi kedepan kita upayakan kendaraan bermotor diganti dengan motor elektrik. Sepeda yang pakek bensin harus hilang semua,” ungkap Kepala Desa Banraas, H. Mathur, Sabtu (11/11/2017).

Untuk diketahui, Pulau Giliyang merupakan pulau terbaik yang ada di Madura, Gilyang secara administratif masuk Kecamatan Dungkek dan hanya terdiri dari dua desa, yakni Desa Banra’as dan Desa Bancamara.

Hasil penelitian LAPAN pada 2006 lalu, menyatakan kadar oksigen di Pulau Giliyang berkisar 3,4 persen hingga 4,8 persen di atas normal dan disebut-sebut terbaik kedua di dunia setelah Yordania.

“Tujuannya dari penerapan larangan kendaraan bermotor tidak lain untuk menjaga kualitas kadar oksigen yang ada disini,” ucapnya.

Menurut rencana, akan diadakan motor listrik secara massal di pulau tersebut. Nantinya, kata Mathur pihak desa akan berkonsultasi dengan PLN dan Pemerintah daerah.

“Memang butuh motor listrik, tapi pemanfaatannya kami masih nunggu, apakah pihak PLN sendiri yang mengadakan atau pemerintah desa,” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.