Salah satu tambak udang di Sumenep

Sumenep, 20/9 (Media Madura) – Walau banyak masyarakat menolak kedatangan investor ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nyatanya puluhan tambak udang di daerah tersebut sudah dalam penguasaan investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumenep, Abd Madjid menyebut, jumlah tambak udang yang sudah tercatat saat ini mencapai 55 hektar.

Namun ironis, 55 hektar lahan tambak udang tersebut tak satu pun pemiliknya berasal dari Sumenep. Dari 5 pemilik tambak udang yang mengajukan izin, semuanya tercatat sebagai investor. 

“Ya,dari 55 hektar tambak udang semuanya milik investor,” ucap Kepala Abd Madjid.

Menurut mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) itu menjelaskan, lahan tambak tersebut berada di tujuh Kecamatan, dua diantaranya di Kacamatan Ambunten dan Kecamatan Dungkek.

“Diantara lahan itu ada di Desa Lapa Daya, Kecamatan Dungkek, disana ada 15 hektar, izinnya masih dalam proses,” bebernya.

Madjid berharap, kepemilikan tambak udang di Sumenep kedepan tidak hanya dalam kuasa investor, harus ada pemgusaha lokal yang juga aktif mengurus izin ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan