Sumenep, 3/9 (Media Madura) – Rumah Sakit Umum Daerah dr Moh Anwar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar kegiatan sosisalisasi dan promosi kesehatan di Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Sabtu (26//8/2017) lalu.

Kegiatan itu menyusul diterapkannya jaminan kesehatan untuk keluarga miskin (Gakin) sehingga ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh masyarakat ketika ingin menggunakan fasilitas tersebut yang berkaitan dengan pelayanan dan administrasi di rumah sakit tersebut. 

Menurut Direktur RSUD dr Moh Anwar, dr Fitril Akbar melalui Ketua Pelaksana, Lalu Saprul Fajri, permasalahan itu timbul lantaran minimnya informasi yang diberikan kepada masayarakat dan kemudian menyulitkan atau membingungkan masyarakat sendiri. 

“Sebagai contoh misalnya, pada tahun 2016 lalu ada keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan dan administrasi ketika menggunakan Gakin atau Penjaminan. Nah, ketika kita telusuri, ternyata memang disebabkan informasi yang kurang,” ucap Fitril Akbar. 

Untuk itu, melalui Instalasi Peduli Pelanggan (IPP), maka digelarlah kegiatan sosialisiasi secara langsung kepada masyarakat, selain untuk promosi kesehatan, kegiatan itu juga dijadikan sarana serap aspirasi demi perbaikan pelayanan di rumah sakit plat merah tersebut. 

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, informasi mengenai kesehatan dan layanan kesehatan dapat diserap dengan baik oleh masyarakat, sehingga berbagai program pelayananan dapat dinikmati dengan sempurna,” tandasnya. 

Kegitan itu sendiri melibatkan sedikitnya 45 orang, yang terdiri dari Kepala Desa Pragaan Laok dan aparaturnya, unsur Kecamatan, Ketua DPD, Kepala Puskesmas, Ketua RT/RW, Ketua dan Pengurus PKK, Perwakilan Posyandu dan Toga Toma Desa Pragaan Laok.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, karena tidak hanya bermanfaat kepada masyarakat, tapi juga bagi kami selaku pendamping masyarakat ketika mengalami sakit dan harus berobat,” ujar Kepala Desa Pragaan Laok, Imam Mahdi menanggapi adanya kegiatan tersebut. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan