Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Sebanyak 15 bayi di Sampang, Madura, Jawa Timur, lahir bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tanggal 17 Agustus 2017. Bayi lahir itu berada di tempat berbeda dari masing-masing Puskesmas, klinik persalinan, dan RSUD Sampang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang dr Firman Pria Abadi, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Agus Mulyadi, mengatakan bayi yang lahir pada momen kemerdekaan itu rata-rata berjenis kelamin perempuan.

“Hari 17 Agustus ini ada 15 bayi lahir di Sampang, mulai pukul 00.00 WIB hingga 10.00 WIB,” ucapnya, Jumat (18/8/2017).

Kata Agus, lahirnya bayi itu pihaknya juga memberikan hadiah bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada keluarga yang bersangkutan. Baik lahir di Puskesmas, Bidan, Klinik, maupun di RSUD.

“Sejak hari Rabu (16/8) kemarin ada kebijakan Kepala Dinas Kesehatan Sampang dr Firman Pria Abadi untuk memantau dan mendata bayi yang lahir Detik-detik Proklamasi,” katanya.

Menurutnya, pihaknya bekerjsama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sampang dalam memberikan bingkisan tersebut. Dengan demikian, lahirnya bayi di momen kemerdekaan itu membawa dampak positif bagi Negara Indonesia khususnya Kabupaten Sampang.

“Semua di fasilitas pemerintah lahirnya bayi itu dan semoga ini membawa semangat Proklamasi Kemerdekaan RI,” harapnya.

Bayi lahir itu diantaranya, untuk wilayah Puskesmas Kecamatan Ketapang adalah Ny. Nurhemah, yang dikaruniai seorang anak perempuan dengan berat 3 kilogram, pukul 00.01 WIB. Serta, Ny. Muktiyah dikaruniai anak laki-laki dengan berat 2,6 kilogram, lahir pukul 00.45 WIB.

Sedangkan, Puskesmas Torjun ada Ny. Dewi, dikarunia anak perempuan dengan berat 2,8 kilogram, lahir pukul 00.06 WIB. Pada pukul 08.30 WIB, lahir anak dari Ny. Siti Arukmana, yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3 kilogram.

Wilayah Puskesmas Camplong ada Ny. Aisyatul yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3 kilogram, lahir pukul 01.00 WIB. Sedangkan, untuk Puskesmas Tanjung ada Ny. Surimah / Tn. Matsudi, melahirkan anak perempuan dengan berat 2,5 kilogram, pukul 08.35 WIB.

Kemudian, wilayah Puskesmas Kamoning Kota Sampang ada Ny. Asmaul Husna, yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3,5 kilogram, pukul 05.05 WIB. Wilayah Puskesmas Banyuates ada Ny. Jumiati, yang melahirkan anak perempuan dengan berat 2,8 kilogram, pukul 03.47 WIB.

Selanjutnya, Puskesmas Kedungdung ada Ny. Masruroh, melahirkan anak perempuan dengan berat 3,1 kilogram, pukul 01.00 WIB.

Puskesmas Sreseh, pukul 07.40 WIB, ada Ny. Munawaroh melahirkan anak laki-laki dengan berat 2,8 kilogram. Disusul pukul 08.45 WIB, ada anak laki-laki dengan berat 3,5 kilogram dari Ny. Nurul Laili.

Untuk yang melahirkan di RSUD Sampang, ada Ny. Muawenah dikaruniai anak laki-laki dengan berat 3 kilogram, pukul 01.45 WIB. Serta, Ny. Riskiyah lahir anak perempuan pukul 08.00 WIB, dengan berat 2 kilogram.

Terakhir, lahir di Klinik Adinda Sampang, ada anak perempuan dengan berat 2,8 kilogram, pukul 10.00 WIB dari Ny. Faizah. Ditambah, Ny. Riski melahirkan anak perempuan dengan berat 2 kilogram.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan