Sumenep, 5/6 (Media Madura) – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dengan ratusan pulau yang dimiliki selalu menjadi sasaran program mudik-balik gratis setiap musim lebaran.

Tak terkecuali pada musim lebaran pada tahun ini, Sumenep kembali mendapat jatah program mudik gratis dari Pemprov Jatim, bahkan mendapat beberapa tambahan. 

“Untuk program mudik jalur laut, kita dapat tambahan rute Raas-Jangkar dan sebaliknya, tahun sebelumnya tidak ada,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sustono, Senin (5/6/2017).

Secara lebih rinci Sutono menyebutkan, rute program kapal mudik dan balik gratis lebaran 2017 meliputi Jangkar-Raas (6 kali PP), Kalianget-Kangean (12 kali PP), Banyuwangi-Sapeken (7 kali PP), dan Surabaya-Masalembu (6 kali PP).

Sedangkan untuk jadwal, jalur Jangkar-Raas dijadwalkan pada 17-18 Juni dan 3-4 Juli, jalur Surabaya-Masalembu pada 18-23 Juni dan 27 Juni-2 Juli, Banyuwangi-Sapeken pada 19-24 Juni dan 27 Juni-4 Juli, serta Kalianget-Kangean pada 19-24 Juni dan 27 Juni-2 Juli.

“Untuk tanggal 25-26 Juni, tidak ada jadwal pelayaran mudik gratis, ke semua jurusan,” ungkapnya. 

Selain angkutan penyeberangan dan laut, lanjut Sustono, Sumenep juga menjadi tujuan atau sasaran program mudik-balik gratis di jalur angkutan darat. Ada empat armada untuk program bus mudik-balik gratis di rute Surabaya-Sumenep PP.

“Untuk jalur darat dijadwalkan pada 22-23 Juni jurusan Surabaya-Sumenep, dan dari Sumenep ke Surabaya dijadwalkan pada 1 Juli,” tukasnya. 

Penulis : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan