Sumenep, 16/5 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur percaya diri geliat wisata di daerah setempat sudah kelihatan menusul didengungkannya program Visit Year 2018.

Bahkan Pemkab mengklaim, peringkat kunjungan wisata di Sumenep tahun ini sudah melesat ke posisi 5 dari 38 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. 

“Sekatang wisata Sumenep sudah diperhitungkan lho ya, di Jawa Timur kunjungan wisatad Sumenep sudah berada di peringkat lima,” klain Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Selasa (16/5/2018).

Menurut orang nomor dua di Sumenep ini, melesatnya jumlah kunjungan wisata tidak lepas dari potensi yang memang dimiliki Sumenep.

“Sumenep punya segalanya, wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan wisata bahari, kita memiliki Keraton dan Asta Tinggi, Gili Labak, Gili Iyang dan yang lainnya,” ujarnya.

Saat ini, kata Fauzi, kunjungan wisata Sumenep hanya kalah ke Kota Surabaya diposisi teratas, lalu Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Banyuwangi.

“Nah, kedepan kita kita akan kejar nih posisi satu melalui Visit Sumenep Year 2018,” selorohnya. 

Sementara itu, berdasarkan data di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora), wisatawan yang datang ke Sumenep pada 2015 sebanyak 626.338 orang, terdiri dari 626.921 wisatawan domistik dan 417 wisman.

Sedangkan pada tahun 2016 kemarin, data wisatawan mengalami kenaikan menjadi 855.946 orang, terdiri dari 854.614 wisatawan domestik dan 1.332 wisman.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan