Sampang, 15/5 (Media Madura) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di 31 Desa di Kabupaten Sampang yang akan digelar pada Selasa 16 Mei besok, aparat gabungan melakukan apel gelar pasukan di lapangan Wijaya Kusuma, Senin (15/5/2017) pukul 14.30 WIB.

Untuk pengamanan Pilkades, Polres Sampang menyiapkan sebanyak 2.320 personel gabungan, diantaranya melibatkan 1.870 anggota Polri dan 450 anggota TNI.

Plt Bupati Sampang Fadhilah Budiono saat menjadi inspektur upacara gelar pasukan mengatakan, pemilihan Pilkades serentak tersebut berpotensi menimbulkan berbagai ancaman dan kerawanan. Sehingga hal itu perlu mendapatkan perhatian dan atisipasi bersama.

“Tapi alhamdulilah melihat kesiapan pengamanan ini yakin pelaksanaan pilkades akan berjalan aman dan terkendali. Yang dianggap rawan seperti di kawasan Birem Kedungdung, Ragung Pangarengan, Bire Timur Sokobanah, dan Omben,” kata Fadhilah.

Dia menuturkan, potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkades itu dikarenakan sebelumnya telah terjadi tarik menarik kepentingan hingga terjadi permainan perjudian. Bahkan, saat ini pengamanan pilkades lebih ditingkatkan karena mengacu pada pengalaman kerawanan pilkades pada gelombang pertama. Sehingga tiap TPS nanti diterjunkan 2 kompi pengamanan.

“Karena pengalaman pilkades kemarin, makanya lebih ditingkatkan pengamanan agar tidak kecolongan lagi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar melalui Kabag Ops Kompol Syaiful Anam, menambahkan dari 2.320 personel pengamanan akan tersebar di 31 Desa di 11 Kecamatan Kabupaten Sampang.

Selain itu, pihaknya sudah memetakan titik kerawanan desa mulai dari rawan dengan 11 Desa, sangat rawan ada 11 Desa, dan aman ada 9 Desa. Penempatan pengamanan untuk kategori Desa aman ada 10 polisi, Desa rawan dengan 30 polisi, dan Desa sangat rawan diterjunkan 45 polisi.

“Kita melihat klasifikasi kerawanan desa itu akan menerjunkan 1 kompi Brimob Polda Jatim. Antisipasi perjudian di pilkades, kami juga sudah membentuk tim gabungan sebanyak 15 personel dari Polres Sampang,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan