Pamekasan, 20/4 (Media Madura) – Dandim 0826 Pamekasan, Madura, Jawa Timur Letkol Inf Nuryanto menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) di wilayah itu.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Kamis (20/4/2017) pagi. Disaksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Pamkab Pamekasan, Isye Windarti.

Dandim Nuryanto mengatakan, Alsintan yang diberikan kepada Poktan sebanyak 41 unit berupa hand traktor dan mesin pompa air.

“Rinciannya, hand traktor sebanyak 22 unit, dan mesin pompa air sebanyak 21 unit,” kata Dandim.

Menurutnya, dengan adanya Alsintan, luas tambah tanam meningkat, hasil panen meningkat serta target serapan gabah oleh Bulog terpenuhi.

“Mari kita membantu pemerintahan untuk meningkatkan hasil panen dengan target terpenuhi,” ujarnya.

“Dan, tolong sumbangkan sedikit ke pemerintah hasil panen para petani untuk di jual ke Bulog paling tidak 10 persen, agar pemerintah tidak impor beras dan ketahanan pangan kita selalu stabil,” kata Dandim lagi.

Dandim Nuryanto menambahkan, bantuan Alsinta dari pemerintah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belaja Negara (APBN) tahun 2017.

“Mari kita sama-sama menjadi pahlawan bagi negara kita dengan cara menyukseskan program pemerintah yaitu, Swasembada Pangan,” tuturnya.

Pada penyerahan bantuan Alsintan juga dihadiri seluruh Ketua Poktan, Danramil, Danposramil Kadur serta 100 undangan. Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan