Sampang, 20/4 (Media Madura) – Tak seperti biasanya, lantunan ayat-ayat suci Al-Quran menggema di halaman Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sampang. Ternyata, sebanyak 155 warga narapidana itu melakukan khataman Al-Quran, Kamis (20/4/2017) pagi pukul 08.00 WIB.

Mengaji bersama melibatkan para napi itu merupakan serentak digelar di rutan dan lapas seluruh Indonesia, termasuk di Sampang dalam rangka Nusantara Mengaji bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI.

“Mengaji bersama para napi ini bertujuan agar mental dan spiritual mereka semakin baik dan kuat, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran. Apalagi ini adalah terobosan baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Sampang Gatot Tri Rahardjo, Kamis.

Gatot mengatakan, selain melatih mental dan spiritual para napi bisa menghayati kitab suci Al-Quran. Sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka memahami peran manusia sebagai pemimpin dan hamba Allah SWT yang mempunyai kewajiban menaati peraturan yang berlaku.

Menurutnya, khataman serentak ini dilakukan selama dua jam saja. Seperti lazimnya dilakukan Nusantara Mengaji, para peserta sebelumnya sudah diberi bagian bacaan masing-masing.

Bagi napi yang belum bisa membaca Al-Quran, mereka hanya membaca lima halaman saja, namun bagi napi yang sudah bisa membaca, maka ia membaca satu juz Al-Qurqan. Dengan demikian, diperlukan waktu tidak lebih dari dua jam untuk khatam bersama-sama.

“Diharapkan juga dengan membaca Al-Quran dapat mendatangkan ketenangan bagi napi, dengan demikian akan mengurangi stres dan tekanan yang dihadapi dalam tahanan,” imbuhnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan