Sampang, 10/4 (Media Madura) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA baik negeri dan swasta digelar di wilayah pendidikan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (10/4/2017).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Timur wilayah Sampang Subaidi menyebutkan, ada sebanyak 3.026 siswa SMA mengikuti UNBK selama 4 hari, mulai hari ini Senin (10/4) hingga Kamis (13/4) mendatang.

“Hari ini UNBK pertama diikuti ribuan siswa dengan mata ujian Bahasa Indonesia,” ucap Subaidi, Senin.

Dirinya menuturkan, dari 3.026 siswa menggelar UNBK itu terdiri dari siswa SMA negeri sebanyak 1.423 dan SMA swasta 1.603 siswa.

Mereka terdiri dari 60 lembaga SMA yakni 36 SMA penyelenggara dan 24 SMA gabungan. Untuk 36 SMA penyelenggara diantaranya 9 lembaga negeri dan 27 lembaga swasta.

“Saat ini di lingkungan Disdik tingkat SMA sudah menggunakan UNBK dan tidak ada yang menggunakan ujian kertas dan pensil. Kecuali wilayah pendidikan dibawah naungan Kamenag sebagian kecil UNKP,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam UN kali ini pelaksanaan, pengelolaan, pengawasan dan kesiapan jalannya UNBK, sepenuhnya dibawah wewenang Pemprov Jawa Timur.

Hal tersebut berdasarkan amanat Undang-undang pemerintahan daerah, dimana sejak 2017, kewenangan seluruh satuan pendidikan tingkat menengah atas yakni SMA dan SMK di Pemerintah Kota wajib diambil alih oleh Pemerintah Provinsi.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan