Sumenep, 14/3 (Media Madura) – Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Trunojoyo Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur nyaris terbakar, Senin (13/3/2017) malam.

Percikan api sempat menjalar ke tangki penyimpanan bahan bakar minyak di bagian barat SPBU. Namun beruntung petugas SPBU bertindak cepat memadamkan sumber api menggunakan alat pemadam sehingga api berhenti menjalar.

Alhasil, insiden yang sempat bikin panik konsumen yang tengah mengantre itu tidak sampai menyebabkan kebakaran ataupun ledakan yang memakan korban jiwa.

Salah seorang petugas SPBU di lokasi kejadian mengatakan, sebelum terjadi peristiwa yang menegangkan tersebut, SPBU ini baru saja dilakukan pengisian BBM dari tangki ke sumur penyimpanan.

Pada saat yang sama, petugas juga melakukan perbaikan listrik di lokasi yang tidak jauh dari tempat penyimpanan BBM tersebut.

Sehingga dugaan sementara, insiden dipicu oleh konsleting listrik yang dikerjakan petugas lantaran hawa minyak masih kuat, percikan api yang bersumber dari kabel listrik langsung membesar dan merembet ke daerah penumpanan BBM.

“Mungkin karena ini kan tempat terbuka, hawa yang ditimbulkan dari tab minyak cepat hilang, tapi ternyata hawa BBM masih kuat sehingga hampir menyebabkan kebakaran,” kata salah satu pegawai SPBU yang mewanti-wanti namanya tidak dimediakan.

Beruntung, kesigapan petugas memadamkan api membuat perisitiwa itu tidak sampai memakan korban. Pengendara yang berada di lokasi yang sempat panik juga cepat tenang.

“Petugas langsung tanggap mematikan api menggunakan alat pemadam yang digantung di sekitar SPBU,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan