Warga saat berolahraga di sekitar waduk Samiran

Pamekasan, 5/3 (Media Madura) – Sisi lain dari Desa Samiran, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, selain mempunyai keindahan dan kesejukan alam khas pedesaan dan sumber air yang melimpah, rupanya waega di desa ini sangat mempedulikan kesehatan.

Di desa yang terkenal dengan Dam yang dibangun sejak penjajahan Belanda ini tepatnya pada tahun 1901, selain menjadi wisata alternatif untuk bersantai, lokasi ini juga menjadi pusat olah raga warga desa maupun warga. Bahkan desa ini kerap dijadikan kawasan bersepeda oleh pencinta sepeda gunung dari berbagai komunitas dari berbagai wilayah di Pamekasan.

Kepala Desa Samiran, Samsuri mengatakan, aktivitas berolahraga rutin bersama warganya itu dalam rangka menjaga kesehatan dan terus menjalin keakraban dengan warganya.

“Olahraga kan sehat, jadi kami fasilitasi warga untuk berolahraga bersama, selain itu agar antar warga terus menjalin keakraban,” katanya.

Olahraga yang menjadi pilihan warganya yakni senam di pagi hari, khususnya setiap hari minggu, warga berkumpul di area dam dan waduk Samiran, dan aktivitas olahraga teraebut telah berjalan dalam satu tahun terakhir.

Diharapakan desa yang dipimpinnya itu menjadi desa sehat dan terus membudaya agar warganya menjalani pola hidup sehat.

Seperti yang diketahui, di Desa Samiran terdapat dam dan waduk dengan debit air yang sangat melimpah, bahkan di desa ini telah dibangun mega proyek Water Treatment Plan (WTP), yakni sarana unit produksi air Baku dengan sistem pengolahan.

Pembangunan water treatment tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Pamekasan yang selama ini hanya menggantungkan pada sumber bawah tanah. Sehingga, dengan dibangunnya mega proyek tersebut, bisa memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Mega proyek tersebut bisa melayani kebutuhan air bersih di 4 Kecamatan, yakni Proppo, Tlanakan, Pademawu dan Kota Pamekasan.

Selain itu, di area ini juga telah dibangun waduk seluas 1,2 hektar untuk menampung limpasan air sebagai bahan air baku. Pemkab Pamekasan juga akan membangun ruang terbuka hijau dan sejumlah fasilitas lain termasuk jogging track di lokasi ini.

Penulis : Arif
Editor : Ahmadi

Tinggalkan Balasan