Sumenep, 13/1 (Media Madura) – Kepala Kantor Kemenag Sumenep melalui Kasi Haji dan Umroh Moh Rifai Hasyim menyambut baik bertambahnya kuota jemaah haji Indonesia 2017 yang naik 52 ribu, sehingga total menjadi 221 ribu jemaah. 

Menurut Hasyim, bertambahnya kuota haji Indonesia pada 2017 ini disambut baik para calon Jemaah Haji Sumenep, mereka senang karena bisa cepat melaksanakan ibadah haji.

“Para calon jemaah haji menyambut baik bertambahnya kouta ini. Mareka yang menunggu antrean hingga puluhan tahun bisa berangkat lebih cepat,” katanya. Jumat (13/1/2017).

Mantan Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) ini menjelaskan, dengan bertambahnya kuota maka otomatis mengurangi lamanya antrean.

“Ini akan mengurangi lamanya antrian, yang biasanya antre hingga 23 tahun, mereka bisa berangkat dalam hitungan belasan tahun,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Arab Saudi memenuhi permintaan Pemerintah RI untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.800 menjadi 211.000 untuk 2017.

Sejak 2013 kuota jemaah haji Indonesia dan negara lainnya mengalami penurunan 20 persen, karena perluasan fasilitas di Masjidil Haram, Mekkah.

“Beruntung selain mengembalikan kuota sebesar 20%, Pemerintah Arab Saudi juga menyetujui permintaan Pemerintah RI menambah kuota 10.000 pada tahun ini,” pungkasnya.

Penulis: Panji Agira
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan