Selasa, September 27, 2022

Ketua P4TM Komitmen Perjuangkan Petani Tembakau Madura

Must read

- Advertisement -
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se Madura (P4TM) resmi dideklarasikan di Aula Bersama, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (6/8/2022) pagi.

Acara deklarasi P4TM disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wabup Pamekasan, Fattah Jasin, Tokoh Madura Achsanul Qosasi, dan Ketua Komisi B DPRD Jatim, Aliyadi Mustofa.

Hadir pula, puluhan ulama serta dihadiri ribuan undangan se Madura, yang terdiri dari petani dan pedagang tembakau.

Dalam sambutannya, Ketua P4TM, Khairul Umam berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan petani tembakau Madura.

Dia mengatakan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar petani tembakau Madura betul-betul bangkit dari keterpurukan. Salah satunya, memerangi dan memberantas mafia tembakau.

Menurutnya, petani merasa rugi karena pengambilan sampel di gudang terlalu tinggi, hingga mencapai 3 sampai 4 kilogram. Kerugian itulah yang akhirnya harus ditanggung oleh petani tembakau.

Hal itu sampaikan H. Her, sapaan akrabnya, karena banyaknya temuan di lapangan.

“Dimana, salah satu temuan di lapangan yakni kerugian timbangan yang dialami oleh para petani dan pengambilan sampel yang terlalu banyak,” ungkapnya.

Dia meminta, agar petani tidak lagi menanggung rugi, pengambilan sampel cukup setengah kilogram saja. Serta hasil tembangan tembakau dilakukan dengan jujur.

“Maka kami minta kedepannya untuk pengambilan sampel cukup setengah kilo gram, agar tidak terlalu merugikan petani,” harapnya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak semua pihak termasuk P4TM untuk menata regulasi tembakau dengan baik, sehingga petani bisa merasakan untung dan sejahtera.

“Pemerintah provinsi siap memfasilitasi para petani tembakau dan untuk wilayah Madura bisa memfungsikan Bakorwil yang berada di Kabupaten Pamekasan,” pungkasnya. (Zainol/Arif)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article