Dirjen Pendidikan: Hanya di Poltera Punya Teknologi Pengelasan Logam Paling Canggih

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto meresmikan gedung baru bengkel konstruksi Politeknik Negeri Madura (Poltera) yang berlokasi di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jumat (9/4/2021) siang.

Menurut Wikan, pembangunan gedung bengkel beserta peralatan konstruksi didanai oleh SBSN tahun anggaran 2020 dengan total sebesar Rp 60 miliar. Keberadaan bengkel ini diharapkan untuk melatih kemampuan calon teknik.

Bengkel konstruksi itu dilengkapi beberapa peralatan yang cukup canggih seperti ekskavator training, laser cutting, teknologi manufaktur, permesinan, serta peralatan training pengelasan logam atau Augmented Reality Welding.

“Jadi alat pengelasan logam ini sangat canggih dan langka di Indonesia hanya satu-satunya di Poltera Sampang, bahkan disini sudah punya lima alatnya,” ujarnya.

Untuk itu, diresmikannya bengkel konstruksi Poltera dapat menciptakan SDM yang unggul serta menjadikan strategi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sampang.

“Kita targetkan IPM Sampang terbaik di Madura tentu melalui pendidikan, kita tunggu nanti bagaimana terobosan-terobosan dari Poltera,” kata dia.

Wikan berharap, kedepan Poltera bisa menaikkan jenjang program Diploma III ke Sarjana Terapan. Kemudian, merintis program SMK Fast Track.

“Sehingga ini nanti terjadi link and match melibatkan antara dunia kerja dengan pendidikan tinggi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Wikan juga berpesan agar lulusan Poltera lebih mengutamakan kemampuan dan kompeten. Mengingat, pendidikan adalah investasi strategis yang harus dilakukan secara benar.

“Jangan hanya menciptakan lulusan akademi mengandalkan ijazah tapi harus lebih kepada berkompeten, kreativitas, dan attitude,” ucapnya.

Direktur Poltera Arman Jaya dalam sambutannya mengatakan, bantuan dana pembangunan bengkel konstruksi dari SBSN menjadikan pendidikan Poltera lebih terang. Dengan begitu, akademisi yang dipimpinnya bisa menjadi poros pembangunan Madura khususnya Kabupaten Sampang.

“Keinginan kami dengan adanya peralatan ini bisa mengajak tingkat sekolah menengah se Madura bersama-sama belajar disini dan menghasilkan produk teknologi,” tutur Arman.

Sementara Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengapresiasi atas diresmikannya gedung bengkel konstruksi. Dirinya juga sepakat untuk bersama-sama meningkatkan IPM melalui dunia pendidikan.

“Selamat atas diresmikannya bengkel konstruksi Poltera ini semoga jauh lebih baik dan bermanfaat, ini menjadi awal memajukan generasi muda lulusan Poltera berwawasan luas dan berdaya saing,” singkatnya.

Turut hadir dalam acara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud Beny Bandanadjaya, Bupati Sampang Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Forkopimda, Musyawarah Kerja Kepala SMK se Madura, Kepala Disdik Sampang, Dinas Pendidikan Jawa Timur, dan undangan lainnya.

Reporter : Ryan
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.